DetikHot

variety-show

'King of Mask Singer', Acara Musik yang Lagi Hits di Korea Selatan

Selasa, 16 Jun 2015 10:00 WIB  ·   Atmi Ahsani Yusron - detikHOT
King of Mask Singer, Acara Musik yang Lagi Hits di Korea Selatan
Jakarta - Publik Korea Selatan sekarang sedang suka menyaksikan acara kompetisi menyanyi di televisi. Melihat kesuksesan 'Unpretty Rapstar' dan beberapa variety show persiapan debut boyband dan girlband manajemen KPop, stasiun TV lain kini berusaha menarik perhatian dengan sebuah konsep acara serupa tapi tidak sama.

MBC memproduksi sebuah acara musik berjudul 'King of Mask Singer'. Konsep acaranya adalah kompetisi bernyanyi, namun yang tampil di atas panggung bukanlah mereka yang ingin jadi artis, melainkan sudah jadi artis namun dirasa kurang populer.

Masing-masing kontestan dan kompetitor diminta menyanyi di atas panggung dengan menggunakan topeng. Mereka juga diberikan nama-nama yang unik seperti 'Burung biru yang terlihat seperti oriole', 'Mozaik yang Bercahaya', 'Bintang Opera', 'Kucing Putih Galak', dan sebagainya.

Baca Juga: Berambut Cepak dan Berkumis, Kim Bum Terlihat Makin Manly!

'King of Mask Singer' ingin menunjukkan bahwa kualitas vokal dan bakat yang dimiliki oleh sang penyanyi tidak seharusnya dikalahkan oleh penampilan visual mereka. Hanya suara yang bisa membuat mereka keluar sebagai 'raja/ratu bertopeng'.

Pemenang di setiap babak dan generasi dipilih berdasarkan voting langsung oleh penonton. Mereka yang tampil di acara ini, tidak akan diperbolehkan untuk membuka topengnya kecuali dia tereliminasi.

Perolehan rating 'King of Mask Singer' terbilang cukup baik dan sempat beberapa kali menembus dua digit. Episode pilot tercatat mendapat rating 13,8 persen di kawasan Seoul saja (TNmS) sementara episode terbaru menembus angka 11,3 persen secara nasional (AGB).

Baca Juga: Ini Jumlah Uang yang Dikumpulkan SNSD Sepanjang 2014

Beberapa nama idola KPop sempat juga tampil dalam acara ini dan dipuji karena kualitas vokal mereka. Di antaranya Luna 'f(x)', Sungjae 'BTOB', Solji 'EXID', K.Will, Jo Kwon, hingga Ailee.

Yang membuat 'King of Mask Singer' menjadi seru di setiap minggunya adalah bahwa netizen berebut untuk menebak siapa yang ada di balik topeng. Tak heran jika pada akhirnya internet ramai membicarakan acara ini terlebih ketika seorang idola KPop terlibat di salah satu episodenya.


(ron/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed