Jakarta 'Mejeng' di The Last of Us Episode 1

ADVERTISEMENT

Jakarta 'Mejeng' di The Last of Us Episode 1

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 16 Jan 2023 13:03 WIB
Poster karakter serial terbaru HBO The Last of Us.
Foto: dok. HBO GO
Jakarta -

Serial terbaru HBO, The Last of Us, resmi tayang pada Senin (16/1/2023) waktu Indonesia. Di episode pertamanya, nama Jakarta disebut-sebut.

The Last of Us diperankan oleh Pedro Pascal sebagai Joel. Di episode pembuka, dia tampil bersama anak perempuannya, Sarah yang diperankan oleh Nico Parker. Mereka berdua terlibat perbincangan dengan Tommy yang diperankan oleh Gabriel Luna di dapur saat sarapan.

Kala itu, Joel, Sarah, dan Tommy sarapan sambil mendengarkan radio. Sebuah berita dibacakan oleh penyiar radio tersebut yang mengabarkan bahwa ada gangguan yang terus berlanjut di Jakarta. Episode 1 ini berlatar pada 2003. Tidak dijelaskan gangguan apa yang dimaksud, namun mengisyaratkan bahwa ada sesuatu yang buruk sedang terjadi di seluruh dunia.

Di situ kemudian sedikit perbincangan soal Jakarta terjadi. Joel dan Tommy sama sekali tidak tahu soal Jakarta. Joel bahkan menerka-nerka bahwa Jakarta adalah sebuah negara di Timur Tengah.

"Jakarta? Di mana itu, Timur Tengah?" kata Joel usai menyesap kopinya.

"Aku tak ingat. Jelas sebuah negara. Mungkin di Asia?" timpal Tommy.

Di situ kemudian Sarah mengambil alih pembicaraan dan memberikan penjelaskan. Di antara dua orang tua yang hidup dengannya itu, jelas Sarah lebih tahu apa itu Jakarta.

"Jakarta bukan negara. Menjadi bagian dari Asia tidak sama eksklusifnya dengan menjadi sebuah negara. Faktanya, Jakarta itu ibukota Indonesia," jelas Sarah.

Episode 1 The Last of Us menceritakan awal mula pandemi jamur yang terjadi di seluruh dunia. Juga pertemuan pertama Joel dengan Ellie yang diperankan Bella Ramsey.

The Last of Us mengambil suasana dua puluh tahun setelah kehancuran peradaban modern. Joel, sosok petarung tangguh, disewa untuk menyelundupkan Ellie, gadis usia 14 tahun, keluar dari zona karantina yang penuh tekanan. Pekerjaan yang awalnya dianggap sederhana kemudian menjadi perjalanan yang brutal dan mengharukan, karena keduanya harus melintasi kawasan AS dan saling bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

Craig Mazin dan Neil Druckmann menjadi produser eksekutif buat proyek ini sekaligus terlibat dalam proses penulisan naskahnya. Sony Pictures Television pun ambil bagian dalam proses produksinya bersama dengan Carolyn Strauss, Evan Wells, Asad Qizilbash, Carter Swan, dan Rose Lam sebagai produser eksekutif. Untuk tetap mempertahankan nuansa gimnya, PlayStation Productions, Word Games, The Mighty Mint, dan Naughty Dog terlibat aktif.

The Last of Us bisa disaksikan di HBO Go.

(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT