Sinopsis Detroit, Diangkat dari Kisah Nyata

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 31 Okt 2020 13:25 WIB
Film Detroit
Foto: (dok.Freep)
Jakarta -

Tak sedikit film yang kisahnya diangkat dari kisah nyata. Detroit salah satunya.

Film yang dirilis di tahun 2017 ini mengadaptasi dari peristiwa nyata yang pernah terjadi di kota Detroit, AS tahun 1967. Musim panas pada tahun itu, Detroit mengalami kerusuhan hebat karena rasisme.

Sebuah serangan di Detroit pada tahun 1967 menyebabkan sebuah kerusuhan terbesar dan paling kuat dalam sejarah Amerika Serikat. Kerusuhan tersebut mengarah ke federalization Garda Nasional Michigan dan keterlibatan dua Divisi Lintas Udara Angkatan Darat Amerika Serikat.

Kejadian ini menjadi mimpi buruk yang dikenang sebagai peristiwa kekerasan terberat di era tahun 1960-an. Disutradarai oleh Kathryn Bigelow (Zero Dark Thirty), film ini memfokuskan kejadian kerusuhan tersebut dengan menggulirkan ceritanya lewat penampilan sekelompok orang Detroit kulit hitam dan putih (serta dua pengunjung yang tidak beruntung dari Ohio) berkumpul di sebuah motel di sisi barat kota tersebut.

Kathryn Bigelow merangkai kengerian yang terjadi dari peristiwa kerusuhan karena warna kulit ini dari tokoh-tokoh lainnya meliputi eks tentara perang Vietnam, seorang penjaga keamanan berkulit hitam juga seorang polisi yang menembak mati tersangka penjarahan tak bersenjata.

Semua kejadian memilukan yang terjadi malam itu terangkum dan terkenang sebagai insiden Motel Algiers. Dalam peristiwa nyatanya, kejadian kerusuhan ini menelan korban.

[Gambas:Youtube]

Tiga pria kulit hitam ditembak mati sementara dilaporkan sembilan orang lainnya diteror dan dipukuli.

Malam ini, Detroit akan tayang di Bioskop Trans TV. Film ini dapat disaksikan mulai pukul 22.00 WIB. Detroit akan meramaikan Bioskop Trans TV di jam kedua.

Film ini dibintangi Anthony Mackie, John Boyega Malcolm David Kelley, Joseph David-Jones dengan John Krasinski.

Sesuai kebijakan stasiun tv, jadwal penayangan dapat berubah sewaktu-waktu. Jadwal tayang film dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.



Simak Video "Kabar Terbaru Mengenai Kasus Video Syur Mirip Gisel"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)