Round-Up

Selamat Jalan Prabawati Sukarta, Pengisi Suara Shizuka di Doraemon

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 20 Jun 2020 05:30 WIB
Prabawati Sukarta
Prabawati Sukarta. (dok.IG/indonesian voice talent)
Jakarta -

Para pecinta kartun Doraemon kini tengah berduka usai kehilangan sosok pengisi suara salah satu karakternya untuk penayangan di Indonesia. Beliau adalah Prabawati Sukarta, wanita di balik suara Shizuka Minamoto.

Ia menjadi pengisi suara teman Nobita dan Doraemon sejak awal penayangan animasi tersebut di salah satu televisi swasta hingga pada 2006 lalu. Jika ditotal, hampir 20 tahun sudah suara Prabawati menemani masa kecil anak-anak Indonesia kala menyaksikan Doraemon.

"Jadi pas Doraemon tayang di sini itu, saya barengan beliau jadi pengisi suaranya di tahun 1989," ujar Ely Kusuma salah satu sahabat dekat Prabawati Sukarta lewat sambungan telepon kepada detikcom.

Hingga saat ini, sudah ada tiga orang yang tampil mengisi suara karakter Shizuka setelah beliau memutuskan untuk pensiun pada 2006 lalu. Setelah pensiun sebagai dubber, ia pun memilih aktif siaran di radio.

Wanita kelahiran 1956 itu sempat menjadi salah satu penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI) lalu pensiun pada 2013. Prabawati memilih pensiun karena faktor kesehatan yang mulai menurun.

Ia menderita penyakit ginjal yang membuatnya harus rutin cuci darah.

"Terus ibu pensiun di tahun 2013. Di tahun itu juga, ibu (divonis) sakit ginjal," ungkap Wike, menantu mendiang Prabawati Sukarta.

Prabawati Sukarta meninggal dunia pada Senin (15/6) dan dimakamkan di Tambun, Jawa Barat. Tak hanya keluarga saja yang berduka atas kepergiannya, para penggemar kartun Doraemon pun turut mengucapkan rasa belasungkawa di media sosial.

"Terima kasih banyak ya bu, suara ibu sudah menemani saya waktu kecil di kartun Doraemon," ungkap pemilik akun Manches***.

"Jaman dulu nggak pernah ketinggalan nonton Doraemon. RIP bu, selamat jalan Shizuka," timpal akun orang****.



Simak Video "Prabawati Sukarta, Dubber Pertama 'Shizuka Doraemon' Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)