Pennyworth Disandingkan dengan Trilogi Batman Christopher Nolan

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 18 Jun 2020 19:20 WIB
Pennyworth Season 1 Episode 102: The Landlords Daughter
Foto: Alex Bailey/Epix/WarnerTV
Jakarta -

Cerita kehidupan pelayan Batman dalam DC Comics, Alfred Pennyworth, dihadirkan dalam serial berjudul Pennyworth. Aktor Inggris Jack Bannon didapuk memerankan Pennyworth.

Proses yang cukup panjang dilalui oleh Jack Bannon untuk mendapatkan peran ini. Meski dia merasa video audisi yang dikirimkannya sangat jelek dan berantakan.

"Aku menerima email bahwa aku harus merekam adegan sendiri. Mereka mengirimkan naskah episode pilot yang nggak selalu kau dapatkan dalam audisi semacam ini, jadi itu sisi baiknya. Aku melakukan beberapa adegan bersama teman aktor lain. Tapi saat itu aku tidak terlalu siap jadi tidak tahu dialog apa yang harus kukatakan. Agak berantakan sih hasil rekamannya. Menurutku benar-benar seperti sampah dan kupikir aku tidak akan pernah mendengar kabar dari tim produksi lagi setelah ini," cerita Jack dalam wawancara dengan detikcom melalui sambungan telepon video belum lama ini.

Setelah mengirim video tersebut, Jack tidak merasa harus menunggu apa-apa karena dia merasa sudah pasrah. Dia pun pergi berakhir pekan naik kapal. Sampai akhirnya agennya menelepon bahwa dia harus mengulang merekam video yang sama.

"Agenku bilang videonya sampah, bisa tolong ulangi lagi? Seperti itu. Aku bilang maaf banget karena aku sedang ada di atas kapal dan tidak ada peralatan untuk merekam. Aku menyuruh mereka mengirim video itu ke tim audisi dan minta mereka menunggu respons," lanjutnya.

Dalam kurun waktu dua setengah bulan kemudian Jack Bannon pun lolos audisi namun harus melakukan sekitar tujuh audisi lain buat peran Pennyworth. Sampai akhirnya dia berhasil mendapatkan peran itu.

Pennyworth Season 1 Episode 102: The Landlord's DaughterPennyworth Season 1 Episode 102: The Landlord's Daughter Foto: Alex Bailey/Epix/WarnerTV


Soal serial Pennyworth sendiri diproduksi sebanyak 10 episode dengan Bruno Heller yang sebelumnya memproduksi Gotham, The Mentalist, dan Rome, serta Danny Cannon yang juga terlibat dalam produksi Gotham dan seri CSI di bangku penulis skenario.

Serial yang tayang di Warner TV ini mengisahkan kehidupan Alfred sebagai mantan pasukan British SAS di London 1960-an. Dalam usahanya membangun perusahaan keamanan, dia bertemu dengan miliarder muda Thomas Wayne dan harus menghadapi berbagai drama kehidupan.

Di usia 29 tahun dia akhirnya didapuk memerankan Alfred Pennyworth yang terbilang sosok legendaris dalam kisah Batman, ternyata Jack Bannon bukanlah pria yang besar membaca komik.

"Mustahil untuk tumbuh besar tapi tidak tahu Batman. Tapi aku bukan fans berat dan pembaca komik," katanya.

Meski begitu, dia sangat menyukai trilogi Batman arahan sutradara Christopher Nolan. Dia pun merasa Pennyworth diarahkan untuk punya nuansa yang sama dengan kegelapan yang dihadirkan dalam trilogi tersebut.

"Reinkarnasi dari kisah Batman yang paling keren buatku adalah versi trilogi Nolan. Itu wow banget! Versi trilogi itu menampilkan dunia superhero yang tidak pernah kulihat di film manapun. Kegelapan yang ditampilkan dan bagaimana mereka memproduksinya memecah stigma film superhero menurutku. Pennyworth juga ingin menampilkan hal yang sama di satu sisi. Karena ini adalah drama yang berawal dari seorang karakter ketimbang hal-hal yang biasa muncul di serial superhero. Lebih gelap dan lebih drama," tandasnya.

Pecinta universe Batman bisa menyaksikan Pennyworth mulai 29 Juni 2020 di Warner TV yang dapat diakses via TV kabel termasuk TransVision di Channel 314.

(ron/nu2)