detikHot

tv-news

Archie Panjabi Komentari Keberagaman di Industri Film dan TV Amerika

Kamis, 11 Jun 2020 17:27 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Archie Panjabi di I Know This Much Is True HBO Foto: dok. HBO (WarnerMedia)
Jakarta -

Aktris Inggris keturunan India Archie Panjabi adalah salah satu perempuan berwajah Asia yang berkarier di industri film dan televisi Amerika Serikat dan Inggris. Saat ini dia berperan dalam miniseri HBO 'I Know This Much Is True' bersama Mark Ruffalo.

Sebelum akhirnya bisa membintangi puluhan judul serial televisi, perjalanan kariernya sebagai orang Asia di industri hiburan terbilang sangat panjang. Terlebih isu soal representasi aktor dan aktris berwajah Asia di awal kariernya masih belum seramai sekarang.

"Ketika aku berusia 13 tahun, saat aku pertama kali memulai karier, sama sekali tidak ada peran untuk seseorang sepertiku," kata Archie Panjabi dalam wawancara telepon bersama detikcom baru-baru ini.

Representasi aktor dan aktris berwajah Asia, berkulit hitam, difabel, dan komunitas LGBTQ memang sangat menjadi sorotan selama beberapa tahun terakhir ini. Film-film yang menampilkan people of color diproduksi oleh studio-studio besar sebut saja Black Panther dan Crazy Rich Asian. 20th Century Fox pun memproduksi film dengan karakter utama seorang gay di Love, Simon yang merepresentasikan komunitas LGBTQ.

Archie Panjabi di 'I Know This Much Is True' HBOArchie Panjabi di 'I Know This Much Is True' HBO Foto: dok. HBO (WarnerMedia)


Di awal karier Archie Panjabi di tahun 1994 - 1995, dia mengaku tidak banyak peran yang diciptakan untuk orang-orang berwajah India sepertinya. Terutama dari studio-studio besar.

"Tapi aku sangat ingin jadi seorang aktris dan aku ingin seseorang bisa menulis peran untuk orang berwarna kulit sepertiku," katanya.

Saat ini menurut pemeran Dr. Patel di miniseri HBO 'I Know This Much Is True' itu, industri sudah lebih terbuka soal representasi dari berbagai ras dan warna kulit. Namun memang masih belum bisa dikatakan sudah dalam titik yang baik.

"Tentu saja untuk hal ini perjalanannya masih panjang. Aku masih belum merasa ada peran-peran yang penting untuk orang-orang dengan berbagai warna kulit dan juga berbagai perbedaan. Seperti kaum difabel, komunitas LGBTQ, perempuan, dan media tidak benar-benar menampilkan bagaimana kehidupan yang sebenarnya. Tapi semua ini sedang dalam proses perubahan dan kuharap akan terus berubah di masa depan," tutupnya.

Archie Panjabi lahir di Inggris 31 Mei 1972. Dia adalah peraih piala Emmy Awards untuk perannya di The Good Wife serta pernah menjadi salah satu nominasi Golden Globe Awards. Saat ini, Archie Panjabi memerankan Dr. Patel di miniseri HBO 'I Know This Much Is True' yang episode terakhirnya akan tayang Senin 15 Juni 2020.


(ron/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com