Jadi Kontroversi, 'Pataal Lok' Cerminkan Surga dan Neraka

Devy Octafiani - detikHot
Jumat, 29 Mei 2020 10:45 WIB
Paatal Lok
Foto: Paatal Lok (dok. imdb.)
Jakarta -

Serial 'Paatal Lok' di India menjadi kontroversi karena cerita yang diangkat. Seri yang tayang di Amazon Prime ini tak hanya mengisahkan penyelidikan yang dilakukan seorang polisi.

'Paatal Lok' mengiringi ceritanya dengan mitologi tradisional India tentang Surga, Bumi dan Neraka dalam Svarga, Dharti dan Paatal.

Sang kreator, Sudip Sharma, menyebut tiga hal itu menjadi sesuatu yang lekat dengan masyarakat India sejak lama. Tiga hal itu pula yang dianggap memunculkan kelas-kelas dalam kehidupan sosial publik India.



"Saya ingin menjelajahi garis kesalahan kelas dan judul serial ini berasal dari gagasan tersebut," kata Sudip Sharma.

Yang menggelitik bagi Sharma adalah bagaimana kasta dan agama berpengaruh pada banyak hal dan ia menilai hal tersebut menjadi belenggu di masyarakat.

"Dua hal tersebut tak bisa benar-benar diabaikan. Ini terjadi dan ada di sekitar kita," ungkap Sharma dalam wawancara yang dilansir dari NewsBytes.



'Paatal Lok' disebut Sudip Sharma tak hanya berpusat pada sesosok polisi jujur yang berupaya mengungkap kasus pembunuhan seorang jurnalis terkenal. Melainkan menjadi cerminan kisah banyak orang yang memiliki drama kehidupan yang putus asa dan tak punya kesempatan untuk dibagikan.

Terlepas dari itu, Sharma mengklaim ia membuat cerita ini dari banyak ide. Salah satunya dari buku berjudul The Story of My Assassins karya penulis Tarun Tejpal.

Penulis tersebut menjalani hukuman atas dakwaan pemerkosaan sejak 2013.



Simak Video "Sosok Sushant Singh Rajput, Aktor Bollywood yang Meninggal Bunuh Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/imk)