detikHot

tv-news

#jagajarakdulu Bareng Serial Wajib Era 80'an, 'Losmen Bu Broto'

Selasa, 31 Mar 2020 18:19 WIB Tim detikhot - detikHot
losmen bu broto Foto: dok youtube
Jakarta -

Masih #jagajarakdulu dan bingung mau nonton apa? Nah, mungkin nggak ada salahnya kita bernostalgia jauh ke era 80'an.

Karena era 2000'an sudah terlalu banyak diungkap, bahkan akhir-akhir ini ada yang khusus menyaring nostalgia era 90'an, kita coba melompat jauh lebih ke belakang.


Saat era 80'an, ada serial yang begitu digemari. Jauh sebelum munculnya 'Si Doel Anak Sekolahan', 'Tersanjung' atau bahkan 'Keluarga Cemara', ada serial 'Losmen Bu Broto'.

Serial 'Losmen Bu Broto' itu berlatar belakang kota Yogyakarta yang tayang di TVRI, televisi satu-satunya yang menyiarkan tontonan di Indonesia.

Serial itu juga dibintangi oleh artis papan atas yang ketika itu masih sangat muda seperti Dewi Yull, Mathias Muchus dan Drg Fadly. Serial tersebut mengisahkan tentang Bu Broto yang menjalankan usaha losmen di Yogyakarta.

Dalam menjalankan usaha itu, Bu Broto dibantu tiga anaknya yaitu Tarjo, Pur, dan Sri, serta satu orang pegawai, Pak Atmo. Mereka mengawali usaha itu dengan susah payah, karena harus bersaing dengan losmen lain yang lebih dulu muncul.


Namun berkat kerja keras, losmen Bu Broto akhirnya sukses dan banyak wisatawan menginap. Namun, dari situlah banyak timbul masalah, yang membuat sinetron ini semakin menarik.

Serial ini juga sempat diadaptasi ke layar lebar. Berjudul Penginapan Bu Broto, film ini tayang pada tahun 1987. Berbeda dengan serialnya, film ini lebih fokus pada kehidupan Mbak Pur yang dibintangi Ida Leman yang didesak untuk segera menikah oleh kedua orang tuanya.

[Gambas:Youtube]







Simak Video "Rano Karno Sempat Baper saat Tulis 'Akhir Kisah Cinta Si Doel'"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com