detikHot

tv-news

Fakta 'Pesbukers', Acara Komedi yang Kerap Jadi Sorotan

Rabu, 29 Mei 2019 04:32 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Foto: Dok. Instagram/ayutingting92 Foto: Dok. Instagram/ayutingting92
Jakarta - 'Pesbukers' kembali menjadi sorotan publik. Acara komedi yang diadakan sejak 2011 ini memang tak henti-hentinya dirundung kontroversi.

'Pesbukers' awalnya muncul di salah satu televisi nasional di saat Ramadhan karena acara itu kepanjangan dari Pesta Buka Bareng Selebritis. Namun lama-kelamaan, 'Pesbukers' menjamur jadi acara komedi yang bisa tayang setiap hari.

Pengisi acara itu terbilang keren-keren artisnya sebut saja ada Raffi Ahmad, Opie Kumis, Jessica Iskandar, Ruben Onsu, Vega Darwati, hingga Zaskia Gotik. Tak ayal, beberapa penghargaan juga pernah diraih 'Pesbukers'.

Akan tetapi, saat ini 'Pesbukers' tengah disorot karena kontroversinya. Berikut beberapa masalah yang menimpa acara itu selama penayangan yang dirangkum detikHOT.

1. MUI sebut 'Pesbukers' berkonten buruk

Ini merupakan masalah teranyar yang menimpa 'Pesbukers'. Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta acara yang dibawakan Raffi Ahmad cs itu dihentikan penayangannya karena dinilai bermuatan buruk.

MUI menjabarkan beberapa adegan di 'Pesbukers' yang tak patut untuk ditayangkan. Seperti contohnya Raffi memeluk terus-terusan Zaskia Gotik yang bukan istrinya.

Selain itu, pemain 'Pesbukers' juga kerap melakukan hinaan fisik ke pemain lain.

2. Prank Haruka Nakagawa yang bikin publik geram
Fakta 'Pesbukers', Acara Komedi yang Kerap Jadi SorotanFoto: Noel/detikFoto

Sebelum dengan MUI, 'Pesbukers' juga bermasalah terhadap salah satu bintang tamunya yakni Haruka Nakagawa. Eks member idol grup JKT48 itu sempat dibuat menangis karena prank yang dilakukan pemain acara itu yakni Raffi Ahmad.

Kala itu, Haruka dituduh mengambil jam tangan mahal Raffi. Publik pun sangat geram terhadap aksi bercandaan yang dinilai kelewatan ke Haruka.

Warganet sampai membuat petisi agar 'Pesbukers' ditutup oleh stasiun televisi.

3. KPI sering menegur 'Pesbukers'

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sudah sering menegur 'Pesbukers'. Banyak kesalahan yang kerap dilakukan tayangan itu.

Biasanya KPI menegur acara itu berhubungan dengan norma kesopanan dan kesusilaan. Pamela Safitri contohnya pernah jadi korban karena sempat menjadi bintang tamu dengan tampilan menggoda.

4. Manfaatkan isu Ayu Ting Ting 'intim' dengan Raffi Ahmad
Ayu Ting TingAyu Ting Ting Foto: Noel/detikFoto

Gosip soal kedekatan 'intim' antara Ayu Ting Ting dengan Raffi Ahmad dulu begitu kencang. Karena hal itu, 'Pesbukers' sempat memanfaatkan situasi.

Raffi yang kala itu sudah menikah dengan Nagita Slavina mendadak melihat foto istrinya berubah menjadi Ayu oleh pihak acara. Sontak hal tersebut membuat heboh publik.

Hujatan ramai diberikan ke 'Pesbukers' karena sengaja memancing isu tak sedap di antara biduk rumah tangga Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina.

5. Gimmick dari pemain 'Pesbukers'

Gimmick yang dibuat 'Pesbukers' juga terbilang banyak bertebaran. Mulai dari Raffi Ahmad dipecat sampai isu pacaran antara Ayu Ting Ting dengan artis India.

Publik pun seakan muak dengan gimmick yang dimainkan pemain dalam acara tersebut.

6. 'Pesbukers' empat tahun berturut-turut mendulang prestasi

Memang selain kontroversi, tak dipungkiri juga kalau 'Pesbukers' berprestasi. Acara lawak itu pernah empat tahun berturut-turut meraih penghargaan dalam ajang Panasonic Gobel Awards dari 2013-2016.


(mau/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com