DetikHot

tv-news

'Altered Carbon': Fiksi Ilmiah Dewasa yang (Ternyata) Sangat Menghibur

Senin, 12 Feb 2018 13:37 WIB  ·   Candra Aditya - detikHOT
Altered Carbon: Fiksi Ilmiah Dewasa yang (Ternyata) Sangat Menghibur Foto: (imdb)
Jakarta -

Di masa depan kematian hanya sebuah konsep. Manusia bisa hidup selamanya kalau dia mau dan punya uang banyak. Tubuh kita hanyalah "bungkus"—atau sleeve—yang bisa diganti atau di-upgrade kalau rusak.

Sementara itu kesadaran kita, ingatan kita, ada dalam sebuah benda bernama stacks yang diletakkan di belakang tengkuk kita. Asalkan stacks kita masih utuh, Anda tidak akan pernah mati. Anda bisa hidup selamanya.

'Altered Carbon': Fiksi Ilmiah Dewasa yang (Ternyata) Sangat MenghiburFoto: (imdb)


Dalam 'Altered Carbon', keabadian tersebut tentu saja ada harganya. Jika Anda konglomerat, Anda bisa hidup abadi dengan bentuk fisik yang prima. Anda bisa menjadi Kylie Jenner atau Brad Pitt.

Kalau lengan Anda terputus, Anda bisa membeli yang baru yang lebih kuat. Sementara itu, yang miskin harus menerima apa yang tersedia. Kalau putri Anda yang berumur tujuh tahun kecelakaan, jangan protes kalau dia nanti kembali dalam tubuh ibu-ibu paruh baya. Salahkan status ekonomi Anda.

Cerita dimulai ketika mantan pemberontak bernama Takeshi Kovacs (Joel Kinnaman) dibangunkan setelah dihukum selama 250 tahun di limbo. Kovacs tentu saja kebingungan, apalagi setelah tahu bahwa ia memakai badan yang baru.

'Altered Carbon': Fiksi Ilmiah Dewasa yang (Ternyata) Sangat MenghiburFoto: (imdb)


Beberapa saat kemudian dia diberi tahu bahwa ia "dibeli" oleh seorang kaya raya bernama Laurens Bancroft (James Purefoy) untuk menyelediki soal kematiannya.

Bancroft tidak ingat siapa yang membunuh dia. Sebagai orang kaya, dia tentu saja dengan mudah membuat cadangan badannya yang sama persis. Dan sebagai orang yang penuh kekuasaan, tentu saja Bancroft punya banyak musuh. Untuk itulah Bancroft, bisa membeli Kovacs untuk mencari tahu jawaban atas misteri ini.

Netflix tidak bermain-main dalam berkompetisi dalam mempersembahkan tontonan yang menarik. Setelah memulai debut original content dengan 'House of Cards', Netflix tidak pernah berhenti untuk terus menggelontori subscriber-nya dengan original content yang mewah.

Tidak semuanya menjadi tontonan yang berkesan memang tapi setidaknya effort Netflix patut diberi acungan jempol. Karena usahanya yang gigih kita bisa mendapatkan serial seperti 'Orange is the New Black', 'BoJack Horseman', '13 Reasons Why', serial Marvel—kecuali mungkin 'Iron Fist—Narcos', 'The Crown', 'The Unbreakable Kimmy Schmidt', 'Black Mirror', 'Master of None', 'Glow', 'Mindhunter', 'Sense8', 'Ozark' dan lain sebagainya. Netflix mencapai puncak popularitas ketika Stranger Things berhasil menjadi serial yang paling banyak diperbincangkan selain 'Game of Thrones'.

'Altered Carbon': Fiksi Ilmiah Dewasa yang (Ternyata) Sangat MenghiburFoto: (imdb)


'Altered Carbon' adalah contoh bagaimana Netflix berusaha keras untuk mempersembahkan yang terbaik kepada para subscribernya. Diadaptasi dari buku karya Richard Morgan oleh kreator Laeta Kalogridis, serial ini memang tidak menawarkan plot yang mind-blowing. Dibandingkan dengan 'Blade Runner' dan 'Blade Runner 2049', 'Altered Carbon' tidak ada apa-apanya. Serial ini memiliki isu yang mirip tapi dengan treatment yang sangat berbeda. Dan seperti kebanyakan serial lainnya, 'Altered Carbon' terasa kepanjangan.

Namun Anda tidak bisa menyangkal bahwa 'Altered Carbon' memiliki visual yang paling mentereng. Sekali lirik, Anda tahu bahwa serial ini dibuat dengan budget yang tidak murah—kabarnya mencapai 100 juta dollar lebih untuk 10 episode. Dalam aspek ini, 'Altered Carbon' berhasil menggambarkan cyberpunk dystopian yang begitu mendebarkan. Production design dan efek visualnya terlihat detail. Wardrobe-nya menakjubkan. Setiap adegan seperti pamer visual yang menyenangkan.

Jika dibandingkan dengan influencenya, seperti 'The Matrix' atau 'Blade Runner', 'Altered Carbon' memang keteteran. Namun jika diadu dengan adaptasi 'Ghost in the Shell' yang dirilis tahun lalu, serial ini jauh lebih sakti. 'Altered Carbon' tahu bahwa ia tidak mempunyai kedalaman cerita yang membuatnya menjadi spesial, tapi ia tahu bagaimana cara menghibur penonton.

Sebagai serial sci:fi khusus penonton dewasa, 'Altered Carbon' menawarkan berbagai adegan dewasa dan kekerasan yang begitu grafis sebagai hidangan utamanya. Bagi Anda pencinta adegan berdarah-darah, 'Altered Carbon' sudah pasti akan memenuhi nafsu Anda.

Memang Joel Kinnaman sebagai pengemudi utama Altered Carbon yang membuat serial ini asyik untuk dinikmati. Altered Carbon memang bukan sci:fi yang akan membuat Anda berkontemplasi—seperti salah satu episode 'Black Mirror' misalnya—namun paling tidak, Anda akan terhibur habis-habisan saat menyaksikannya.

Seluruh episode musim pertama 'Altered Carbon' dapat disaksikan di Netflix.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International



(doc/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed