Laporan dari Singapura

Angkat Sejarah Gresik, Mike Wiluan Ingin Tonjolkan Keberagaman Indonesia

Septiana Ledysia - detikHot
Sabtu, 02 Des 2017 13:38 WIB
Foto: Mike Wiluan (Septi/detikHOT)
Singapura - Mike Wiluan dan HBO Asia akan membuat sebuah serial yang mengangkat sejarah kota Gresik, Jawa Timur. Mike, yang juga orang Indonesia menyebut serial ini untuk memperlihatkan keberagaman yang ada di Indonesia sejak zaman kolonial.

"Yes, yes it is. Kita akan menunjukkan perbedaan dan kebersamaan saat masa kolonial Belanda. Belakangan ini banyak sekali hal-hal yang terjadi di dunia. Untuk itu kita akan menunjukkan ke dunia bahwa ada sisi baik dan buruknya suatu perbedaan," ujar Mike saat berbincang dengan beberapa media Asia di HBO 25th Anniversary di Singapura beberapa waktu lalu.

Mike juga menceritakan banyak sekali tantangan yang ia dan tim produksi alami saat proses syuting. Proses syuting sendiri tak hanya dilakukan di kota Gresik, melainkan beberapa kota seperti Batam dan kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Dalam membuat sesuatu kita harus mempersiapkan segalanya dengan baik. Karena tantangan atau hambatan baru muncul di depan. Seperti menghadapi cuaca, hewan dan banyaknya orang yang terlibat. Jadi tentunya persiapannya juga banyak itu salah satu tantangannya," ungkap Mike yang saat itu menguncir rambutnya.

Dalam serial 'Grisse' ini, Mike sendiri akan menjadi Show Runner. Berbeda dengan film-film sebelumnya di mana Mike hanya sebagai produser.

"Untuk sutradara nanti ada dari Vietnam, Australia dan saya sendiri. Ini pertama kalinya aku menjadi sutradara dan ini sebuah kesempatan yang bagus," terang Mike sambil melempar senyuman.

(spt/kmb)