Hot Top Ten 2015

10 Musisi Indonesia yang Eksis di Panggung Dunia 2015

Fakhmi Kurniawan - detikHot
Jumat, 08 Jan 2016 18:26 WIB
Foto: Dok.Detikhot
Jakarta -

Tahun 2015 yang baru saja berlalu menjadi ajang pembuktian untuk musisi-musisi Indonesia. Mereka membuktikan bahwa bukan hanya jago kandang, melainkan juga mampu unjuk gigi di panggung dunia. Siapa saja?


1. Joey Alexander



Publik Indonesia benar-benar dibuat tecengang saat nominasi Grammy Awards 2016 diumumkan pada 7 Desember lalu. Seorang bocah 12 tahun asal Indonesia sukses masuk di dua nominasi.

Sosok bocah tersebut adalah Joey Alexander. Ia sukses tercatat sebagai nominator termuda untuk kategori 'Best Improvised Jazz Solo' dan 'Best Instrumental Jazz Album'.

2. Jasad



Scene industri musik indiependent sudah langganan manggung di luar negeri. Tapi apa yang dicapai oleh grup band metal Jasad seperti perlu diapresiasi lebih.

Jasad sukses tampil di dua festival musik metal di Eropa. Dua festival tersebut adalah Obscene Extreme Festival, Ceko dan Bloodstock Open Air 2015, Inggris.

3. Ras Muhamad



Bermain di festival musik dunia memang jadi pencapaian terbesar seorang musisi. Tapi bisa tampil di tanah leluhur dari genre musik dibawakan seperti punya nilai lebih.

Seperti apa yang dirasakan Ras Muhamad saat diundang tampil di panggung Jamaika. Ras Muhamad mendapat kesempatan tampil di Earth Hour Jamaica pada Maret 2015 lalu.

4. Endah N Rhesa



Nama Endah N Rhesa seperti sudah sering terdengar mengisi panggung musik luar negeri. Bukan cuma itu, Endah N Rhesa pun sempat merilis album di Jepang dan Korea Selatan.

Pada Agustus 2015, Endah N Rhesa kembali mencuri perhatian. Duo pelantun 'When You Love Someone' itu tampil di Festival bergengsi di Australia bertajuk Darwin Festival 2015.

5. Burgerkill



Burgerkill juga jadi musisi indiependent yang kerap berkali-kali manggung di panggung dunia. Sepanjang 2015, Burgerkill pun tampil dalam festival musik metal berskala dunia.

Festival tersebut adalah Bloodstock Open Air 2015 yang digelar di Inggris pada Agustus 2015 lalu. Mereka tampil di festival yang sama dengan Jasad.

6. JKT48



Bukan hanya para 'masyakarat' indiependent saja yang bisa mengharumkan nama Indonesia. Idol grup JKT48 pun tak mau ketinggalan untuk hal itu.

JKT48 sukses meraih penghargaan kategori Favorite Asian di Nickelodeon's Kids Choice Awards 2015. Mereka sukses mengalahkan beberapa bintang Asia lainnya seperti Tosh Zhang (Tiongkok), Jinnyboy (Malaysia) dan Daniel Pidilla (Filipina).

7. The Changcuters



Tak terlalu terdengar geliatnya di 2015, grup band The Changcuters bikin kejutan pada Agustus 2015 lalu. Mereka sukses tampil di Summer Sonic 2015.

Sebuah festival musik yang reguler digelar di Jepang. Di mana sederet musisi dunia sempat tampil dalam salah satu festival musik terbesar di Asia itu.

8. NOAH



Grup band NOAH juga sukses mencuri perhatian lewat prestasinya menggelar mini tur di Amerika Serikat. Mereka sukses mengunjungi setidaknya dua kota di Amerika Serikat.

Sepanjang Oktober lalu, NOAH menggelar konser dibeberapa tempat seperti Los Angeles dan Washington DC. Kedua konser tersebut disebut serbu oleh banyak penonton.

9. RAN



Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2015 diumumkan pada 2 Desember lalu. Dan, nama RAN pun jadi salah satu pemenangnya.

Mereka sukses meraih Best Asian Artist dari Indonesia. Tahun lalu. Raisa juga sukses mendapatkan penghargaan ini.

10. Afgan



Afgan menjadi segelintir penyanyi pria Indonesia bisa menggelar sebuah konser tunggal megah di Malaysia. Hal itu terwujud pada 18 September lalu.

Bukan hanya Afgan, Rossa juga sukses menggelar konser di Malaysia pada Mei lalu. Sama hal seperti Afgan, Rossa juga sukses besar lewat konser tersebut.

(fk/mmu)