Bingung Untuk Berlibur Akhir Tahun? Ini Tipsnya!

ADVERTISEMENT

Bingung Untuk Berlibur Akhir Tahun? Ini Tipsnya!

- detikHot
Rabu, 02 Des 2009 13:05 WIB
Jakarta - Desember 2009, ada banyak hari besar, Anda pasti ingin mengisinya dengan liburan. Yuk rancang libur akhir tahun!

Jika Anda sudah berencana untuk melakukan liburan pada bulan Desember ini, maka sebaiknya siapkan liburan akhir tahun ini dengan baik. Jangan sampai karena persiapan yang kurang, liburan Anda jadi berantakan. Berikut adalah tips untuk menikmati liburan akhir tahun.

Tentukan tujuan liburan. Pantai, gunung, kampung halaman atau bahkan luar
negeri bisa menjadi pilihan liburan Anda. Berembuklah dengan keluarga atau
teman yang Anda ajak agar mendapat tempat yang diinginkan bersama.

Tentukan tanggal liburan. Pastikan pada tanggal tersebut Anda dan keluarga ataupun teman tidak mempunyai halangan untuk berlibur. Jika Anda berlibur dengan memakai jasa transportasi, hubungi biro travel untuk memastikan adanya kursi kosong untuk Anda dan keluarga ataupun teman pada tanggal tersebut.

Pilihan cuti selama empat hari di awal minggu hingga tengah minggu bisa menjadi sesuatu yang menggiurkan untuk berlibur panjang. Namun, pastikan Anda mendapatkan cuti tersebut sebelum membeli tiket keberangkatan selama liburan.

Bila semuanya sudah siap, maka kini saatnya Anda mempersiapkan hal-hal saat berlibur. Tentukan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Jadwal berwisata seharusnya tidak terlalu padat, karena hal tersebut justru membuat Anda tidak menikmati liburan. Malah banyak yang jadwalnya berantakan karena banyaknya tempat yang ingin dikunjungi. Sebaiknya Anda mencari di internet mengenai info tempat yang akan dikunjungi.

Bawalah pakaian sesuai kebutuhan dan usahakan bawa pakaian yang simpel. Jangan membawa pakaian terlalu banyak. Hal tersebut justru membuat Anda kerepotan. Jangan lupa membawa kamera dan handycam untuk mengabadikan liburan akhir tahun.

Jangan pernah membawa uang pas ketika berlibur. Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi saat berlibur. Keadaan darurat, membeli barang-barang atau bahkan oleh-oleh sering kali menguras kocek. Bawalah uang lebih saat berlibur. Kartu ATM dan kartu kredit dapat membantu jika Anda tidak ingin membawa uang terlalu banyak.

Setelah semuanya sudah tersusun rapi, tinggal menunggu untuk berlibur. Selamat berlibur akhir tahun.

(kee/kee)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT