detikHot

spotlight

Kenalan dengan Ely Kusumah, Pengisi Suara Ibu Nobita di Kartun Doraemon

Minggu, 05 Jul 2020 12:45 WIB Devy Octaviany - detikHot
Ely Kusumah Ely Kusumah menjadi pengisi suara ibu Nobita di kartun Doraemon Foto: (dok.pri)
Jakarta -

Dari banyaknya animasi populer di layar kaca, Doraemon menjadi salah satu kartun yang digandrungi. Kartun ini menembus zaman melalui beberapa generasi sejak kehadirannya di tahun 1988.

Hingga kini, Doraemon pun menjadi salah satu kartun yang tak dilewatkan untuk dinikmati setiap akhir pekan.

Tapi tahukah siapa saja sosok di balik kisah Doraemon si kucing ajaib sobatnya Nobita ini? Selain mendiang Prabawati Sukarta yang meninggal dunia belum lama ini, adapula sosok Ely Kusumah sebagai salah satu pengisi tokoh di cerita kartun tersebut.

Dikenal sebagai bocah pemalas, Nobita memiliki seorang ibu yang galak dan kerap memarahi Nobita setiap hari. Pengisi suara sang ibu adalah Ely Syamsiah Kusumah atau yang lebih akrab disapa Ely Kusumah.



Belum lama ini detikcom berbincang dengan wanita yang mengisi suara ibu Nobita di cerita kartun Doraemon Tanah Air generasi pertama.

Ely Kusumah menceritakan, keterlibatannya di Doraemon bukan yang pertama baginya. Sejak muda, dirinya sudah didapuk menjadi pengisi suara di serangkaian sandiwara radio.

DoraemonEly Kusumah menjadi pengisi suara ibu Nobita di kartun Doraemon Foto: (dok.Doraemon Fandom)



"Basic saya memang sandiwara radio. Dulu saya sering mengisi suara di sandiwara-sandiwara radio di RRI," ungkap Ely Kusumah kepada etikcom belum lama ini.

Wanita kelahiran Desember 1953 ini mengaku menikmati profesinya sebagai pengisi suara. Salah satu sandiwara radio populer yang ia isi yakni drama sandiwara radio Butir-butir Pasir di Laut.

Ely Kusumah bergabung mengisi sandiwara radio ini di tahun 1973.



"Sejak saya masih sekolah, saya memang sudah sering ngisi suara di RRI. Saat itu saya masih jadi pegawai honor di tahun 1972 terus diangkat jadi penyiarnya di tahun 1983," kisah Ely Kusumah.

Perjalanan karier Ely Kusumah sebagai pengisi suara terbilang panjang. Nyaris 50 tahun, Ely Kusumah menggeluti kariernya ini sudah 48 tahun.

"Sampai sekarang saya masih isi untuk iklan sama ada animasi juga cuma lagi kepotong karena Corona," ungkapnya.




Simak Video "Kabar Duka! Pengisi Suara Doraemon Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com