detikHot

Spotlight

Grup K-Pop BTS Ubah Kehidupan Penulis Ruwi Meita

Selasa, 30 Jun 2020 12:07 WIB Tia Agnes - detikHot
Novelis Ruwi Meita Foto: @ruwimeita/ Instagram
Jakarta -

Tak ada yang tahu dari kepopuleran grup idol Korea bisa mengubah kehidupan banyak orang. Bagi para penggemarnya (ARMY), BTS atau dikenal sebagai Bangtan Boys yang berdiri sejak 13 Juli 2013 ini mampu menginspirasi publik dunia.

Ruwi Meita adalah salah satunya. Penulis yang namanya tak asing lagi di genre buku-buku thriller dan horor Tanah Air bisa kepincut BTS di usianya yang tak lagi remaja sampai menulis fanfiction di Wattpad.

Perempuan berusia 40 tahun itu menyukai BTS karena anak perempuan pertamanya yang kini mengenyam pendidikan strata 1 di jurusan Antropologi Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Jauh sebelum BTS terkenal seperti sekarang, anaknya sudah menggemari BTS di tahun 2013.



Ruwi menceritakan kehidupan rumah tangganya yang tak harmonis membuat ia dan anaknya terpisah jarak. Intensitas bertemu pun jarang.

Sejak kelas 4 SD, anak perempuan Ruwi sudah berada di pondok pesantren. Setiap kali bertemu, sang putri kerap menceritakan tentang idol Korea bernama BTS.

BTSBTS Foto: Dok. Instagram/bts.bighitofficial



"SMP itu dia kenalan sama lagu-lagunya BTS. Saya merasa sejak dia kenal BTS kok beda yah, senang terus. Tapi saat itu saya dengarkan ceritanya sambil lalu saja. Karena suka cerita, saya coba cari-cari tahu ya, belum mendalami," terang Ruwi ketika dihubungi detikcom.

Semakin putrinya bercerita soal BTS, novelis Misteri Patung Garam itu kian penasaran.



"Sebenarnya apa sih BTS, lagu-lagunya gimana sih, saya melihat anak saya yang tadinya pemurung ya anak broken home, jadi happy. Saya lihat ada perubahan dalam kepribadiannya," sambungnya mengenang momen-momen tersebut.

Putrinya pun mulai bisa mengungkapkan keinginan dan mengekspresikan perasaannya. Kepribadian yang berubah itulah, yang membuat Ruwi mencari tahu tentang BTS pada 2015.

"Emang beda yah, lirik-liriknya juga beda. Ada sesuatu yang coba disampaikan kepada remaja. Liriknya 'sangat remaja', akhirnya saya keterusan," ujar pendiri Komunitas Literasi Indonesia Ponorogo (KLIP) ini.

Sembari tertawa, Ruwi menganalogikan kegemarannya dengan BTS seperti 'Sekali kamu Jimin, kamu nggak akan bisa jump out'.

Buku BTS Love Yourself (ARMY Indonesia)Buku BTS Love Yourself (ARMY Indonesia) Diterbitkan Penerbit Noura Foto: Tia Agnes/detikHOT



"Ya, hati-hati kalau mau tahu soal BTS, kamu nggak akan bisa keluar. Sampai sekarang aku dan anak perempuanku masih suka dengan BTS dan membuka diri pada dunia KPop lainnya sampai saya ikut menulis di buku BTS Love Yourself yang diterbitkan Noura tahun 2019," tandasnya.

Dalam buku tersebut, Ruwi yang kerap dipanggil Emak ARMY turut menulis bagaimana BTS mengubah kehidupan keluarganya. Lewat Inari Writing Project, ia juga menulis fanfiction thriller soal Suga BTS.

Ruwi Meita memulai karier sebagai penulis novel dari adaptasi layar lebar. Ia sukses merilis 11 novel adaptasi, di antaranya Rumah Pondok Indah, Hantu Bangku Kosong, Terowongan Casablanca, Angker Batu, Pocong 2, Kekasih, dan Rumah Lebah. Serta 12 novel lainnya yang ditulis secara mandiri.




Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com