detikHot

spotlight

Wasp Network Film Berbudget Mahal untuk Sutradara Olivier Assayas

Minggu, 28 Jun 2020 12:45 WIB Devy Octaviany - detikHot
Wasp Network Foto: (dok. imdb.)
Jakarta -

Wasp Network menjadi karya terbaru dari sutradara Prancis, Olivier Assayas. Film ini digarapnya di tahun 2019.

Salah satu karyanya yang bersinar yakni Personal Shopper yang membuatnya diganjar piala terbaik di ajang Cannes Film Festival di tahun 2016. Film thriller psikologi itu dibintangi Kristen Stewart.

Wasp Network sendiri tayang perdana di ajang Cannes Festival tahun 2019. Bicara soal film tersebut, Olivier Assayas mengungkapkan bagaimana film ini menjadi salah satu film dengan biaya produksi tinggi yang ia garap.

"Aku melihatnya sebagai film sejarah ketimbang film mata-mata. Ketimbang filmku yang sebelumnya, ini menjadi film yang lebih mahal dan kami tak memiliki uang yang cukup untuk menggarap film semacam ini," ungkap Assayas.

Dengan biaya yang besar, muncul pula tanggung jawab yang juga tak kecil. Berbarengan dengan itu, Olivier Assayas mengungkapkan tantangan yang juga ia dan timnya terima.

"Tak hanya sulit soal pembiayaan, kami mengangkat kisah sejarah modern Kuba, tak banyak filmmaker Kuba yang bisa menerima ada filmmaker asing mengeksplorasi tentang kisah semacam itu. Itu menjadi salah satu tantangan," ungkap Olivier Assayas dilansir cineuropa.

Wasp NetworkWasp Network Foto: (dok. imdb.)

Ia mengetahui kisah ini dari seorang produsernya yang juga menjadi publisis buku Last Soldiers of The Cold War. Assayas mengatakan, ia harus belajar banyak tentang Kuba dan sejarahnya saat diminta menggarap film ini. Maka ketika ia membaca buku tersebut, hal itu banyak membantunya mengembangkan cerita.

"Ada banyak bahan yang menarik di tanganku. Ini menjadi awal yang solid bagi saya untuk memulai semuanya, sebab Kuba maupun Amerika Tengah adalah hal yang asing bagi saya," tuturnya.

Wasp Network dapat disaksikan di Netflix. Film ini dibintangi Édgar Ramírez, Wagner Moura, Penelope Cruz juga Ana de Armas.




Simak Video "Inikah Penampilan Terbaru CL?"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com