detikHot

Spotlight

Wasp Network, Pelarian Mata-mata Kuba

Minggu, 28 Jun 2020 11:01 WIB Devy Octaviany - detikHot
Wasp Network Foto: (dok. imdb.)
Jakarta -

Netflix menayangkan film terbaru tentang para mata-mata Kuba berdasarkan kisah nyata. Peristiwa membuat beberapa di antara mereka dihukum karena tuduhan pembunuhan dan pengintaian di Amerika Serikat.

Wasp Network dibuka menampilkan sosok Rene Gonzales (Edgar Ramirez), seorang pilot di Havana yang pamit bekerja dan berjanji menemani sang istri pergi ke bioskop di sore hari.

Namun alih-alih menepati janjinya, Rene justru membawa pesawat Cessna yang ia kemudikan berbelok dan mendarat ke Miami, AS. Rene menjadi salah satu warga Kuba yang tak tahan berada di negaranya.

Di Miami, ia bergabung dengan orang-orang di negaranya yang berada di bawah kelompok Brother to Rescue, mereka menentang Fidel Castro. Rene dipercaya menjadi salah satu pilot organisasi ini.

Yang tak diketahui, Brother to Rescue ternyata bekerja sama dengan organisasi Cuban American National Foundation (CANF). Mereka tak hanya menyebarkan propaganda anti Castro, namun juga menyelundupkan narkoba dan senjata.

Rene memiliki keinginan untuk mengajak Olga dan sang putri bergabung bersamanya dan menetap di Miami. Setelah berbulan-bulan menyiapkan prosedur, Olga dipertemukan dengan Manuel Viramontez yang memberinya informasi bahwa Rene bukanlah pengkhianat Kuba seperti yang selama ini ia kira.

Ia merupakan bagian dari intelijen Kuba yang merahasiakan identitasnya demi keamanan dalam sebuah Wasp Network atau jaringan lebah.

Dalam kisah nyatanya, Rene Gonzales akhirnya ditangkap oleh FBI dan menghadapi tuntutan terhadap tuduhan konspirasi dan spionase. Ia dianggap agen pemerintahan asing yang melakukan banyak hal ilegal selama di AS.

FBI menawarkannya pengurangan hukuman dengan imbalan informasi namun ia menolak tawaran tersebut.

Digarap oleh sutradara Olivier Assayas, kisah mata-mata dalam Wasp Network dirangkum Assayas lewat sosok Rene dan dilema yang ia rasakan terhadap anak dan istrinya.

Beberapa ulasan menyebut, sutradara Olivier Assayas tak cukup apik mengemas cerita yang diadaptasi dari buku berjudul The Last Soldiers of Cold War ini. Namun penampilan beberapa bintang di dalamnya, Ana de Armas juga kemistri di antara Edgar Ramirez dengan Penelope Cruz menjadi hal yang bisa dijadikan alasan untuk menyaksikan Wasp Network.

Film ini dapat disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]







Simak Video "Telkom Siap Buka Blokir Netflix, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com