detikHot

Spotlight

Mendunia, Imelda Adams Tampilkan Karakter Khas Bernama Gacon

Selasa, 23 Jun 2020 14:06 WIB Tia Agnes - detikHot
Seniman Imelda Adams Foto: @Imeldaams/ Instagram
Jakarta -

Belajar melukis sejak kecil dan otodidak, karya-karya seniman Imelda Adams makin mendunia. Profil dan karyanya sukses ditampilkan di akun resmi Instagram akhir bulan yang lalu.

Dalam berkarya, perempuan yang tinggal di Cilegon itu punya satu karakter unik yang selalu dilukis dalam setiap lukisannya. Karakter yang akhirnya menjadi ciri khas tersebut selalu diselipkan.

Imel mengatakan awal belajar melukis, ia selalu menggambar beraliran realis. Tapi saat awal kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, ia mulai merasa bosan dengan gaya realis. Akhirnya Imel punya ide berikutnya.



"Aku mau bikin karya yang bebas, sebebas-bebasnya. Sebenarnya karakter yang ada di karya-karya aku sekarang itu figur aku yang sedang ada di rumah dengan muka berantakan dan orang-orang melihatnya sebagai karakter aku," tutur Imelda Adams ketika diwawancarai detikcom, belum lama ini.

Seniman Imelda AdamsSeniman Imelda Adams Foto: @Imeldaams/ Instagram



Perempuan kelahiran Serang, Banten, itu pun melanjutkan lambat laun figur yang ada di lukisannya menjadi karakter. Padahal, lanjut Imel, ia punya boneka di rumah yang dipanggil dengan Gacon.

"Gacon itu jadi nama karakter di karya-karyaku," tutur seniman yang kini punya 34.400 ribu followers di Instagram.

Nama Gacon yang bermula dari boneka kesayangan di rumah, sekarang menjadi ciri khasnya. "Karakter di lukisan-lukisanku sekarang jadi namanya Gacon," katanya.

[Gambas:Instagram]





Dalam bahasa Sunda, kata gacon artinya sesuatu hal atau barang yang bisa diandalkan. Keunikan karya Imelda Adams juga bisa dilihat dari gambar surealis yang digoreskannya, terkadang terlihat unsur dekoratif dan naif di dalamnya.

Meski punya berbagai gaya dalam melukis, Imel mengaku tak ingin memusingkan dengan berbagai penilaian dan penyebutan gaya di seni rupa.

"Terserah orang-orang saja," kata Imel sembari tertawa. Karya-karya Imel bisa diintip di akun Instagram pribadinya @imeldaams.




Simak Video "Seniman Solo Ngamen Online, Hibur Warganet Kala Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com