detikHot

Spotlight

'Jokowi Punk' Manipulasi Foto Tersukses Agan Harahap

Selasa, 12 Mei 2020 17:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Anak punk mirip Jokowi karya Agan Harahap Foto: @aganharahap/ Instagram
Jakarta -

Sepanjang karier Agan Harahap merekayasa, ada satu foto yang terbilang sukses diedit. Kreasi foto itu yang paling dibicarakan sampai sekarang tentang sosok orang nomor satu di Indonesia.

'Jokowi Punk' adalah salah satu karya terviral sekaligus paling banyak mengundang pembicaraan. Karyanya pun pernah dipajang di gelaran Art Bali 2018 saat penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-World Bank Group di Bali.

Agan menuturkan foto 'Jokowi Punk' adalah yang paling banyak mengundang kehebohan.



"Karyanya tuh pernah dipajang di pameran Art Bali yang berbarengan sama konferensi IMF di Bali. Semua petinggi negara datang. Kuratornya bilang misalnya harus diturunin nggak apa-apa yah," kenang Agan saat berbincang di Live IG bersama detikcom, belum lama ini.

Ternyata reaksi karya 'Jokowi Punk' di luar ekspetasi. "Begitu masuk ke ruang pamer, karyanya jadi tempat selfie. Petinggi negara dan menteri-menteri jadi tempat selfie di situ," sambungnya lagi.

Bahkan hasil manipulasi foto tersebut, lanjut Agan, adalah yang paling dahsyat sekaligus disalahgunakan. Dalam fotonya, ia juga membuat narasi yang seakan kisah tersebut benar-benar terjadi.

"Ketika disalahgunakan atau rata-rata di-bully, itulah bagian dari mencerdaskan bangsa dengan cara seperti itu," kata Agan.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Eksklusif! Manipulasi Foto, Bentuk Agan Harahap Sindir Isu di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com