Spotlight

Rahasia Agan Harahap Manipulasi Foto

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 12 Mei 2020 16:34 WIB
Seniman Agan Harahap
Foto: Yolanda Vista/ detikHOT
Jakarta -

Kreativitas Agan Harahap dalam memanipulasi foto patut diacungi jempol. Tak ada seniman yang mampu menyaingi kemampuannya dalam memanipulasi sampai disebut sebagai suhunya rekayasa foto.

Agan Harahap memulai kariernya dari seorang fotografer di sebuah majalah akhir dekade 1990an. Dunia fotografi merupakan awal perkenalan dengan rekayasa foto.

Karya-karya hasil manipulasinya pun dipuji sekaligus dikritik netizen. Karya-karyanya pun telah melanglang buana dipamerkan di mancanegara. Sebenarnya apa sih rahasia Agan dalam memanipulasi foto?

Agan Harahap menceritakan semua orang bisa merekayasa foto tapi tak banyak yang memahaminya trik dalam memanipulasi.



"Elu harus memahami logika fotografi dulu. Perspektif mana yang lebih besar dan lebih pendek, logika fotografi itu yang dimainkan," bebernya saat Live IG bersama detikcom, belum lama ini.

Anak punk mirip Jokowi karya Agan HarahapAnak punk mirip Jokowi karya Agan Harahap Foto: @aganharahap/ Instagram



Menurutnya, logika dalam fotografi merupakan kuncian terpenting. "100 persen akan terpakai ketika elu memanipulasi foto, pahami dulu logika fotografinya, masalah teknis nanti lancar kok," tutur Agan.

Lulusan Desain Komunikasi Visual di Bandung itu mengaku hanya menggunakan aplikasi Photoshop untuk mengedit. Dia juga membubuhkan narasi sebagai keterangan foto.

Narasi itulah yang disebut Agan sebagai 'mencerdaskan bangsa' menjadi elemen terpenting lainnya. Salah satu karya kreasi Agan yang viral dan tak berhenti dibicarakan sampai sekarang adalah 'Jokowi Punk'.

Bagaimana ceritanya? Simak artikel berikutnya.



Simak Video "Eksklusif! Manipulasi Foto, Bentuk Agan Harahap Sindir Isu di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)