Spotlight

Segala Hal tentang Novelis Clarissa Goenawan yang Kepincut Jepang

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 21 Apr 2020 17:45 WIB
Novelis Clarissa Goenawan
Foto: Olivia/ Pribadi
Jakarta -

Novelis Clarissa Goenawan sukses menerbitkan dua buah novel yang membuat namanya mendunia. Impian itu bermula dari kegemaran penulis yang kini tinggal di Singapura dari segala hal yang berbau tentang Jepang.

Sejak kecil, Clarissa tumbuh saat anime, manga, dan budaya pop Jepang sedang berkembang di Indonesia. Ketika SD, setiap sore ia rajin menonton anime 'Sailor Moon', 'Detective Conan' dan berbagai komik serial cantik.

Clarissa juga mendengarkan musik-musik Jepang termasuk buku-buku terbitan dari negeri Sakura tersebut. Dari situ, kegemaran berbagai hal tentang Jepang merasuk ke dunia pribadinya.

Ia kerap membaca novel sastra dan fiksi kriminal. "Saya juga fans berat komik Jepang. Kadang-kadang saya sendiri merasa kebanyakan baca komik," tulis Clarissa ketika diwawancarai detikcom.



Menurut Clarissa, menulis dengan latar Jepang memudahkan dirinya untuk merangkai cerita.

"Menulis dengan latar Jepang juga memudahkan saya untuk merangkai cerita dengan latar belakang empat musim, juga di berbagai lokasi seperti kota besar, pedesaan, hutan, pegunungan, sungai, danau, dan lain-lainnya," kata penulis yang mengidolakan Hiromi Kawakami.

Pada Maret, penulis yang terpesona dengan buku-buku Haruki Murakami baru saja merilis novel berbahasa Inggris 'The Perfect World of Miwako Sumida'. Sebelumnya 'Rainbirds' tak kalah sukses dengan penerjemahan lebih dari 10 bahasa asing.


Dua novel tersebut sama-sama memiliki latar Jepang, karakter-karakter orang Jepang, sampai budaya yang diceritakan. Kalau dibaca, tak akan diketahui kalau novelnya ditulis oleh warga negara non-Jepang.

Bagaimana cerita selanjutnya? Simak artikel berikutnya ya.



Simak Video "Ridho Rhoma Divonis 2 Tahun Penjara Terkait Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)