Spotlight

Jenaka! Komik Luks Diambil dari Nama Pedagang Siomay

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 14 Apr 2020 17:20 WIB
Komikluks
Foto: Komikluks/ Istimewa
Jakarta -

Komik Luks sukses punya ratusan ribu followers di akun Instagram. Komik digital yang diciptakan oleh Ade Lukman itu disukai oleh pembacanya.

Ternyata nama Komik Luks tak sekadar nama biasa yang diambil sang komikus. Ade Lukman menceritakan kata 'Luks' diambil dari nama seorang pria bernama Bang Buluk's yang juga seorang pedagang siomay di sekitar rumahnya.

Setiap sore, Bang Buluk's mangkal di dekat rumah Ade yang juga cekatan dalam menggambar. Di sela-sela mangkal, Bang Buluk's kerap menggambar di buku tulis lecek dengan pulpennya.



"Seringkali ketika sedang mangkal dia membuat gambar atau komik lucu namun terkadang seksis dan erotis, sambil dia gambar, dan bercerita saya dan teman-teman saya sangat antusias menyimaknya," ungkap Ade kepada detikcom, Selasa (14/4/2020).

Candaan receh dari pedagang siomay itu membuat kesan yang baik dalam ingatan Ade. Komikus yang menggemari karya-karya Tatang S, Ganes HT hingga RA Kosasih akhirnya membuat visual karakter dari Bang Buluk's.

[Gambas:Instagram]





Ia menggambar karakter pria berusia sekitar 20-27 tahun dengan rambut gondrong, penampilan agak dekil, berjerawat, dan berminyak. Karakternya pun kerap memakai baju garis-garis merah hitam khas pedagang Sate Madura dan bercelana jeans.



"Itulah yang menginspirasi saya membuat karakter 'Luks' yang sering saya tampilkan di setiap komik-komik saya," kata Ade.

"Untuk mengenang dan menghormati jasa beliau saya pakailah nama "LUKS" dalam nama akun instagram saya," sambungnya.

Simak artikel berikutnya.



Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)