detikHot

Spotlight

Meremajakan Kembali Sri Asih

Selasa, 07 Apr 2020 15:04 WIB Tia Agnes - detikHot
Webtoon ‘Sri Asih: Celestial Goddess’ Foto: Bumilangit/ Istimewa
Jakarta -

Karakter Sri Asih yang diciptakan Bapak Komik Indonesia, RA Kosasih, pada 1954 kini hadir dalam bentuk yang lebih muda. Sri Asih resmi tayang di platform LINE Webtoon Indonesia persembahan Bumilangit.

Lewat tim kreatif Bumilangit, mempopulerkan dan meremajakan kembali Sri Asih terwujud. Ada Archie The RedCat yang terkenal lewat webtoon 'Eggnoid' sebagai penulis cerita dan Devita Krisanti yang dipercaya menggambar, serta editor Bumilangit, Ditta Amelia.

Web cartoon (webtoon) 'Sri Asih: Celestial Goddess' yang tayang mingguan resmi terbit akhir pekan lalu. Bagaimana proses kreatif di baliknya?

Digarap sejak pertengahan tahun 2019, webtoon Sri Asih masuk ke dalam jagat komik Revolusi dalam Bumilangit. Editor webtoon Sri Asih, Ditta menuturkan di versi webtoon karakternya dibuat lebih remaja.



"Untuk sekarang bedanya, kita remajakan soal usianya yang 17 tahun, karakter yang lebih relatable dengan anak sekarang yang suka naksir diam-diam dan pacaran. Karakter Sri Asih dibuat lebih dekat dengan anak sekarang," tutur Ditta ketika dihubungi detikcom, Rabu (7/4/2020).

Webtoon 'Sri Asih: Celestial Goddess' di LINE Webtoon IndonesiaWebtoon 'Sri Asih: Celestial Goddess' di LINE Webtoon Indonesia Foto: Istimewa



Sri Asih adalah jagoan super pertama di jagat penceritaan Indonesia. Tokoh ini diciptakan pertama kali saat Indonesia belum lama merdeka sekitar setengah abad yang lalu, yakni tahun 1953.

Pencipta karakter Sri Asih, RA Kosasih, dikenal piawai menulis cerita bergambar. Dalam semesta Bumilangit, sosok Sri Asih hadir di setiap zaman dan menjadi jagoan yang terkuat.



Di versi webtoon, Ditta menceritakan genre komiknya adalah fantasi dengan bumbu romance, komedi, dan horor.

"Ada detail yang kami tambahkan. Dalam cerita versi webtoon, Sri Asih kan bisa melihat hantu juga, nanti akan ada kepercayaan dan hantu lokal yang akan dimasukkan," sambung Ditta.

Dalam webtoon, seorang perempuan bernama Alana yang sejak kecil sering melihat makhluk gaib. Kehidupannya sebagai remaja yang biasa-biasa saja tiba-tiba berubah saat teman-temannya dilanda bahaya.

Kekuatan hebat yang menjadi takdir Alana datang kepadanya. Ia kini menjadi Dewi Asih yang siap menyelamatkan dunia dari energi jahat.

Kali ini spotlight culture, bakal membahas mengenai webtoon Sri Asih. Bagaimana cerita selanjutnya? Simak artikel berikutnya ya.




Simak Video "Jadi Sri Asih, Pevita Pearce Ngaku Bangga Tapi Juga Beban"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com