detikHot

Spotlight

Pria Surabaya di Balik Kepopuleran Komik Kancut

Selasa, 31 Mar 2020 17:38 WIB Tia Agnes - detikHot
Komik Kancut/ @komikancut Foto: @komikancut/ Instagram
Jakarta -

Komik Kancut sukses mewarnai skena komik Instagram di Indonesia. Berdiri sejak 2015, akun yang memiliki 71 ribu followers itu digemari oleh pencinta komik digital. Siapa sih sosok komikus yang menciptakannya?

Garin Adi Sasongko adalah pria asal Surabaya yang membuat Komik Kancut usai menjalani Ujian Nasional.

"Sekitar bulan Mei 2015, abis kelar Ujian Nasional kan lagi nganggur banget tuh, jadi aku nyari kesibukan tapi yang asik. Nah nemu media komik," tuturnya ketika dihubungi detikcom.

Awalnya, terinspirasi dari Pandji Pragiwaksono, Garin mencoba masuk ke dalam komunitas stand up comedy yang sedang booming. Pertama kali, open mic langsung gagal total dan berantakan.

Komikus @komikancut, Garin Adi SasongkoKomikus @komikancut, Garin Adi Sasongko Foto: @komikancut/ Instagram



Garin pun menyalurkan hobi humornya ke media lain, yakni Indovidgram. Saat itu, ia mulai membuat video-video lucu dan mendapatkan respons positif. Selepas Indovidgram, ia mulai mencari media lain untuk berkreasi.

Di masanya, Tahilalats dan Si Juki sudah dikenal masyarakat. Komik strip dinilai Garin sebagai media yang paling tepat untuk menyalurkan ide lucu dan hobi menggambar.

"Akhirnya nyoba-nyoba bikin komik strip terus aku posting di Instagram, eh respons dari temen-temen positif banget. Setelah itu mulai ketagihan bikin komik," sambungnya.



Selama dua tahun, komik strip dibuat sebagai hobi selingan. Lama kelamaan, komik menjadi pelepas penat di antara banyaknya tugas kuliah di jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya.

Kini Komik Kancut tak sekadar hobi belaka, Garin sukses me-reborn karyanya dari bahasa 'lu-gua' ala Jakarta menjadi Jowoan (bahasa Jawa). Bagaimana ceritanya?

Simak artikel berikutnya.




Simak Video "Niat Diet, Cita Citata Malah Kena Infeksi Lambung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com