detikHot

Spotlight

Komik Kancut, Humor Pelepas Dahaga saat Stay at Home

Selasa, 31 Mar 2020 16:29 WIB Tia Agnes - detikHot
Komik Kancut/ @komikancut Foto: @komikancut/ Instagram
Jakarta -

Komik digital jadi ruang berekspresi yang paling digemari oleh orang yang paling suka menggambar. Cerita yang unik, nyeleneh, dan dekat dengan sehari-hari adalah konten yang paling dicari oleh pembaca.

Salah satu komik digital yang digemari saat ini adalah akun Instagram @komikancut. Berdiri di tahun 2015, pria asal Surabaya, bernama Garin Adi Sasongko adalah sosok di balik kepopuleran @komikancut.

Akun @komikancut yang disederhanakan dari nama Komik Kancut bukan sekadar media berekspresi semata. Garin menuturkan bermula dari penamaan yang ngasal, kini bisa menjadi sebuah penghasilan yang lumayan.

"Komik Kancut nggak ada arti atau makna tersendiri. Tiba-tiba kepikiran aja gitu benda yang kira" penyebutannya lucu, dijadiin nama komik deh. Random memang," tutur Garin sambil tertawa saat dihubungi detikcom.



Komik strip yang ada di akun Instagram tersebut, lanjut Garin, merupakan media curhat absurd yang dibumbui oleh komedi.

Komikus @komikancut, Garin Adi SasongkoKomikus @komikancut, Garin Adi Sasongko Foto: @komikancut/ Instagram



"Ternyata pembaca juga merasakan hal yang sama sekaligus terhibur sama komik ini. Tapi makin ke sini aku mikir ngga boleh egois, maksudnya aku harus nyari topik lain selain keseharianku," ungkap Garin.

Lulusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya itu pun mulai pintar membaca situasi dan tren yang sedang booming.



"Contohnya saat ini lagi musim pandemi nih, ada wabah virus yang mematikan. Nah, aku bikin komik tentang wabah ini, jelas ada unsur komedinya tapi nggak lupa aku selipkan edukasi juga, yaitu anjuran agar kita tetap #dirumahaja. Jadi di situasi menakutkan seperti ini orang-orang jadi terhibur namun dengan hiburan yang mengandung edukasi," tukasnya.

Simak artikel berikutnya ya.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Bongkar Karir dan Kehidupan Galabby di Osiap!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com