Timo Tjahjanto: Nggak Cuma Alkitab, Alquran Juga Gue Baca

Devy Octaviany - detikHot
Minggu, 15 Mar 2020 12:26 WIB
Timo Tjahjanto
Foto: Timo Tjahjanto (Pingkan Anggraini/detikcom)
Jakarta -

Timo Tjahjanto berbicara panjang lebar mengenai ketertarikannya pada dunia gaib. Setelah di 'Sebelum Iblis Menjemput' bagian pertama, Timo menggambarkan pengetahuannya tentang iblis dan setan di sekuelnya.

Di bagian kedua ini ia menampilkan sosok iblis yang angkuh tak ingin dikalahkan oleh manusia lewat sosok Alfie (Chelsea Islan).

Perumpamaan perilaku seperti ini serupa dengan ajaran agama yang menggambarkan sosok setan mengakui Tuhan, namun tak menerima manusia punya derajat yang lebih tinggi ketimbang mereka.


Bicara tentang hal ini, Timo pun kembali ke masa lalu. Disinggung apakah ia menulis skenario untuk 'Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2' ini seraya mendalami Alkitab, Timo menjelaskan panjang lebar.

"Jujur gue udah religius lagi ya. Dulu gue suka baca (Alkitab), Alquran saja gue baca. Karena gue merasa, itu pengetahuan juga buat gue," urainya.

Ada persamaan yang ia simpulkan. Masing-masing menerangkan tentang kematian juga ajal dalam kehidupan.

"Mau Bible, mau Alquran, ada 2 sisi kan, mereka membicarakan ajal, di satu sisi mereka juga membicarakan tentang kehidupan. Sama aja, Bible menurut gue misalnya Bible-nya orang Kristen itu membicarakan akhirat dan dunia dan segala macem, nah itu menyeramkan kan kalau kita menafsirkan secara harfiah," tuturnya lagi.


Pengalamannya kerap membaca Alkitab di masa lalu melekat pada Timo hingga saat ini. Ia pun membawa pesan moril dari pengetahuannya tersebut seperti keangkuhan iblis lewat horor yang ia garap.

"Dulu gue baca kitab-kitab wahyu tentang akhirat, gue sebagai anak kecil stress, (kayak) 'ya Tuhan gue nggak mau dipertemukan dengan akhirat', istilahnya gitu. Nah itulah kenapa gue suka horor, karena trauma-trauma waktu baca kitab wahyu melekat di gue," tukas Timo.



Simak Video "Demo Rusuh di Norwegia Usai Wanita Robek Al-Quran"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/mau)