detikHot

Spotlight

The Power of Komik Instagram

Selasa, 10 Mar 2020 18:03 WIB Tia Agnes - detikHot
Jakarta -

Menjamurnya komik Instagram di Indonesia selama beberapa tahun belakangan memiliki nilai plus tersendiri. Komikin Ajah sebagai komunitas terbesar yang mewadahi komikus lokal menuturkan setiap harinya ada saja akun komik Instagram terbaru.

Komik digital yang menyebar di media sosial khususnya Instagram memang begitu masif. Kreator-kreator lokal pun dengan mudah memamerkan karya yang dibuat serta mendistribusikan secara cepat dan gratis.

Aruga dari Komikin Ajah menuturkan kekuatan dari komik digital lainnya adalah hastag tertentu.



"Mereka dapat 'menyelipkan' karya mereka dalam situasi yang memang sedang trending, sehingga dapat membantu penyebaran komik mereka," kata Aruga ketika diwawancarai detikcom.

The Power of Komik InstagramThe Power of Komik Instagram Foto: Komikin Ajah/ Instagram



Komik Instagram juga bisa sebagai media penyampai pesan untuk hal-hal tertentu khususnya edukasi. Para pengikut akun tersebut bisa berinteraksi langsung dengan pembaca via kolom komentar maupun DM, serta fitur-fitur Instagram Stories lainnya.

"Sebagai media iklan pun cukup efektif sehingga untuk kreator yang sudah memiliki followers di atas 10 ribu, mereka akan lebih mudah mendapatkan endorsement," kata Aruga.

Menurut Aruga, komik Instagram setiap harinya bermunculan dan tak kenal batas usia maupun latar belakang.

"Komik baru tetap bermunculan tapi tidak semasif 2 tahun lalu, namun demikian kami mencatat tiap harinya minimal ada 2-3 akun baru dari kreator pemula," kata Aruga.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Penampilan Baru Dara Arafah Usai Jalani Operasi Hidung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com