detikHot

Spotlight

Komik Instagram 'Membumi' dan Makin Menjamur Setiap Tahun

Selasa, 10 Mar 2020 16:21 WIB Tia Agnes - detikHot
Komikin Ajah Foto: Komikin Ajah/ Instagram
Jakarta -

Fenomena komik Instagram mulai menjamur sejak awal tahun 2014. Saat itu banyak sekali komikus lokal yang mengunggah karya-karyanya ke media sosial khususnya Instagram.

Menurut Aruga dari Komikin Ajah yang menjadi wadah bagi kreator lokal, Instagram menjadi 'ruang pamer'.

"Instagram sebagai ruang pamer mereka ditambah algoritma Instagram pada saat itu masih bisa dibilang 'bersahabat' karena masih bersifat kronologikal, sehingga mudah untuk menjaring followers dan jumlah likes," tutur Aruga ketika diwawancarai detikcom.



Sepanjang tahun 2014 sampai 2015, sudah ada 200-an kreator yang berhasil didata Komikin Ajah. Sebanyak 40 persen di antaranya masih aktif sampai sekarang.

Tapi dengan berubahnya algoritma Instagram menjadi engagement based, menurut Aruga, jumlahnya pun tidak terlalu signifikan tahun-tahun sebelumnya.

"Komik baru tetap bermunculan tapi tidak semasif 2 tahun lalu, namun demikian kami mencatat tiap harinya minimal ada 2-3 akun baru dari kreator pemula," kata Aruga.

Setiap hari, Komikin Ajah menyeleksi karya-karya yang diunggah ke akun Instagram mereka. Komikus lokal yang masih eksis sampai sekarang di antaranya adalah @Maghfirare, @Getgoh, @Rysetcomic @Si.Abi, @Komikkamvret, @Osiasu, @Tahilalats, @Masdimboy, dan lain-lain.




Simak Video "Anji Ditanya Polisi Tujuan Video 'Klaim Obat COVID-19' di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com