detikHot

Spotlight

Komikin Ajah, Komunitas Komik Instagram yang Hits

Selasa, 10 Mar 2020 13:03 WIB Tia Agnes - detikHot
Komikin Ajah Foto: Komikin Ajah/ Instagram
Jakarta -

Nama Komikin Ajah tak sekadar menjadi akun komik digital yang fenomena di media sosial. Komikin Ajah meluas lagi menjadi komunitas bagi komikus-komikus lokal untuk memajang karya-karyanya.

Setiap harinya, karya komikus lokal di-repost ke akun Instagram @komikin_ajah. Sekali upload karya, ribuan likes langsung menghampiri dan ratusan komentar ada dalam unggahan terbaru tersebut.

Bahkan Komikin Ajah yang memiliki 2,1 juta followers disebut sebagai komunitas komik Instagram terbesar di Indonesia. Kapan berdirinya Komikin Ajah?

Di awal tahun 2014, INFIA sebagai perusahaan media ingin membentuk komunitas berdasarkan komik di Instagram yang saat itu sedang naik daun. Beberapa kreator komik Instagram pun kopi darat.


"Akhirnya beberapa kreator mulai berkumpul untuk formasi awalnya, ada Masdimboy, Azer, Tahilalats, Bang Gaber, dan lain-lain. Sejak itu, jumlah anggotanya bertambah terus hingga sekarang berjumlah 136 kreator," tutur Aruga dari Komikin Ajah saat diwawancarai detikcom, belum lama ini.

Akun @komikin_ajah pun menjadi showcase dan agregator dari karya komikus lokal yang diposting di akun mereka. Tentu saja, dengan cara me-repost karya para komikus dengan persetujuan mereka.

"Karena konsistensi Komikin Ajah dalam menampilkan karya, Komikin Ajah berkembang sehingga mendapatkan jumlah followers seperti sekarang," pungkasnya.



Jumlah pengikut Komikin Ajah pun melesat setelah 6 tahun berdiri. Lebih dari 16 ribu unggahan pun sukses diunggah ke akun Instagram.

Kali ini spotlight culture detikcom bakal membahas mengenai Komikin Ajah. Simak artikel berikutnya ya.




Simak Video "dYouthizen: A New Basecamp for YOU!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com