detikHot

Spotlight

Komik Instagram Makin Pesat, Ini Saran Komik Ratjoen pada Komikus Muda

Selasa, 25 Feb 2020 18:21 WIB Tia Agnes - detikHot
Komik Ratjoen Foto: Komik Ratjoen/ Instagram
Jakarta -

Di tengah pesatnya komik digital di dunia maya, Komik Ratjoen menjadi salah satu yang meramaikan. Eksis sejak 2015, Komik Ratjoen punya tips bagi komikus muda yang ingin berkarier di dunia kreatif.

Menurut komikus yang menciptakan Komik Ratjoen, Tenisanta Rizqi Masruri, pekerjaan sebagai komikus memang tak mudah dan ada banyak tantangan.

"Saran saya adalah cari dan temukan komunitas-komunitas komikus baik secara offline maupun online. Adanya komunitas dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan mimpi yang sama, bisa sangat membantu kita untuk selalu semangat berkarya," kata pria yang akrab disapa Ten kepada detikcom.



Saat ini, perindustrian komik di Indonesia sudah berkembang pesat. Sekarang banyak platform digital tempat komikus untuk membagikan karya-karyanya.

Selain media sosial, para komikus juga berkesempatan untuk menerbitkan komik buatannya secara digital. Seperti di platform LINE Webtoon sampai Ciayo.

"Komikus juga bisa membagikan komiknya melalui situs-situs pendukung kreator, seperti patreon.com atau karyakarsa.com, di contoh situs tersebut para pembaca bisa menikmati karya komikus dengan membayar sebagai bentuk dukungan langsung kepada komikus," kata Ten.

Komik Ratjoen bisa dilihat di akun Instagram @komikratjoen.

[Gambas:Instagram]







Simak Video "dYouthizen: A New Basecamp for YOU!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com