detikHot

Spotlight

Menyelami Dunia Mimpi dan Imajinatif Liffi Wongso

Selasa, 18 Feb 2020 13:09 WIB Tia Agnes - detikHot
Seniman Liffi Wongso Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Liffi Wongso menjadi salah satu seniman muda yang tengah 'bersinar'. Namanya mulai melambung saat bergabung dengan Atreyu Moniaga Project, ikut memajang karya di Jepang sampai menggambar ilustrasi buku YouTuber Sunny Dahye.

Perempuan kelahiran 27 Agustus 1997 itu memulai karier menggambar sejak masih kecil. Kegemarannya menggambar membuat ia memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

"Dari kecil aku sudah suka gambar ya. Semakin ke sini ternyata suka banget dan sampai mengambil jurusan DKV. Cukup banyak halangan dari orang tua aku, akhirnya aku memberontak untuk konsisten di jalur ini," kata Liffi Wongso saat diwawancarai detikcom, di kawasan Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, belum lama ini.



Ketika kuliah, Liffi mengikuti proyek inkubasi bernama 'Mixed Feelings'. Proyek seni yang dijalani bersama seniman-seniman muda di bawah naungan Atreyu Moniaga Project membuat pilihannya benar.

Menyelami Dunia Mimpi dan Imajinatif Liffi WongsoMenyelami Dunia Mimpi dan Imajinatif Liffi Wongso Foto: Tia Agnes/detikHOT



Mulai di tahun 2016, ia mulai mempelajari dunia ilustrasi tak cuma manga (komik Jepang). Kemampuan pun digodok kembali sampai di tahun 2017 ia mengikuti pameran kelompok.

"Semakin suka menggambar, kalau bisa menghasilkan, kenapa nggak," lanjutnya.

Liffi Wongso pun mulai membuktikan kemampuan menggambarnya agar diakui orang lain. Pada Agustus 2018, ia menggelar pameran seni tunggal perdana tentang mimpi-mimpinya di Ruang Seduh, Jakarta.



Setahun berikutnya, ia diberangkatkan ke Jepang untuk mewakili Indonesia. Di pameran seni bergengsi, ia adalah salah satu seniman yang namanya diperhitungkan.

Kali ini spotlight culture detikHOT membahas tentang profil Liffi Wongso dan upaya sepak terjangnya di dunia seni. Simak artikel berikutnya ya.




Simak Video "Said, Si Penghias Padang Rumput dengan Lukisan Indah"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com