Spotlight

Kenalan dengan Sunny Gho, Colorist yang Eksis di Marvel dan DC

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 28 Jan 2020 13:00 WIB
Colorist Marvel dan DC Sunny Gho
Kenala dengan Sunny Gho, Colorist yang Eksis di Marvel dan DC Foto: Tia Agnes/ detikhot
Jakarta -

Bicara soal dunia komik Indonesia, tak lengkap rasanya tanpa melibatkan nama Sunny Gho. Pendiri Kosmik dan co-founder Popcon Asia itu eksis berkarier sebagai colorist di Marvel dan DC Comics sejak 2009 sampai sekarang.

Kiprah Sunny Gho di industri komik tak diragukan lagi. Sejak kecil, lulusan DKV Universitas Trisakti itu gemar membaca komik khususnya manga (komik Jepang).

Ketika masih duduk di bangku SMA, Sunny Gho pernah mendatangi Pekan Komik Nasional dan bertemu komikus-komikus lokal.

"Baru tahu, wah orang Indonesia bisa yah kayak gini, cari-cari tahu kuliahnya di mana dan apa. Akhirnya saya mutuskan untuk kuliah Desain Komunikasi Visual," tuturnya ketika mengobrol dengan detikcom, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kenalan dengan Sunny Gho, Colorist yang Eksis di Marvel dan DCKenalan dengan Sunny Gho, Colorist yang Eksis di Marvel dan DC Foto: Tia Agnes/ detikhot



Di kampus, Sunny Gho berkenalan dengan klub komik, mendatangi pameran komik nasional, dan bertemu dengan Masyarakat Komik Indonesia (MKI). "Baru tambah semangat tuh, ketemu teman-teman baru," lanjutnya.

Menurut dia, Indonesia sudah punya talenta lokal yang berkualitas. Goresan karya seni para komikus pun patut diacungi jempol.

Tapi tak banyak yang aktif berkarier sebagai colorist atau mewarnai gambar-gambar di komik. Pada 2003, Sunny Gho memberanikan diri untuk menjadi seorang colorist di lini penerbitan Gramedia bernama Koloni.



Dari situ, ia mantap untuk berkarier di industri komik sebagai colorist. Namanya pun diperhitungkan di Marvel dan DC Comics. Profesi itu masih dilakoni sampai sekarang di tengah kesibukannya dengan penerbitan independen Kosmik hingga Popcon Asia.

Kali ini spotlight culture detikhot bakal membahas mengenai profil Sunny Gho. Simak artikel berikutnya!



Simak Video "Polisi Bakal Minta Bambang Pamungkas untuk Tes DNA Ulang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)