Cuma Reza Rahadian yang Tepat Jadi Habibie

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 15 Des 2019 10:55 WIB
Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta - Tiga film Habibie diperankan semuanya oleh Reza Rahadian. Sosok Reza memang seakan tak tergantikan untuk peran sebagai Habibie.

Soal ini, sutradara Hanung Bramantyo pun buka suara. Pemilihan Reza sebagai Habibie sudah ada dalam film 'Habibie & Ainun' pertama.

Membuat Reza Rahadian tampak lebih muda di 'Habibie & Ainun 3' dengan bantuan efek CGI juga bukan tanpa pertimbangan.

"Kita sudah melakukan casting dan nggak nemu, harus seangkatan dengan Maudy dan mukanya harus sama dengan Reza, sangat complicated ya. Itu sementara pada saat Habibie Ainun, pilihan untuk menjadi Ainun banyak," ungkap Hanung.


Hanung mengatakan, BCL pernah menjadi bukan kandidat utama untuk peran Ainun.

"Artinya kans untuk menjadi Ibu Ainun itu banyak, sementara kans untuk menjadi Habibie itu sangat sedikit," urai Hanung.

Hanung secara gamblang mengatakan, memerankan Habibie bukan hal yang mudah. Secara gestur, Habibie memiliki cara bertutur dan bersikap yang spesifik.

"Sementara Bu Ainun itu perempuan sederhana, dia seperti ibu-ibu biasa hanya yang membedakan, Ibu Ainun itu sangat cerdas, dan hatinya tuh kuat sekali. Sehingga tak menutup kemungkinan banyak pemeran yang bisa memerankan itu," ungkap Hanung.


Sejak memerankan Habibie, kemampuan akting Reza Rahadian seakan tak diragukan. Penampilannya di film yang digarap Faozan Rizal itu mencuri perhatian penikmat film Tanah Air.

Dirilis di 2012, 'Habibie & Ainun' meraup 4,5 juta penonton dan 'Rudy Habibie' mencapai perolehan jumlah penonton 2 juta lebih.

Di sisi lain, mengganti sosok Reza bukan hal yang mudah. Produser film Manoj Punjabi menilai karakter Reza sebagai Habibie sudah mapan.

"Ibaratnya kayak Iron Man, kalau mau ganti Robert Downey Jr harus di-reboot dari nol. Begitu pula dengan 'Habibie Ainun'," tukas Manoj.


Cuma Reza Rahadian yang Tepat Jadi Habibie




Simak Video "Reza Rahadian Belum Ngebet Bikin Konten YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/mau)