Spotlight

Sosok Galang Tirtakusuma, Komikus yang Merevolusi Aquanus

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 10 Des 2019 17:07 WIB
Foto: Galang Tirtakusuma/ Pribadi
Jakarta - Setiap jagoan lokal yang kembali diperkenalkan Bumilangit kepada penggemar generasi muda turut melibatkan komikus lokal. Setelah komik 'Virgo' yang dibuat Annisa Nisfihani hingga 'Sri Asih' digarap Archie The Redcat, giliran 'Aquanus' direvolusi oleh Galang Tirtakusuma.

Siapakah komikus Galang Tirtakusuma yang menggarap versi revolusi Aquanus?

Galang memulai karier di industri komik sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Di penerbit Mizan, ia pertama kali merilis komik berjudul 'True Love'.

Sukses dengan 'True Love', ia mulai menggarap beberapa judul komik lainnya seperti 'Lunar Helios' di re:ON Comics. Untuk di Bumilangit, ia baru menggarap 'Aquanus dan Gundala & Friends' dan dua komik Aquanus versi revolusi.

"Saya besar di Parepare Sulawesi Selatan kemudian pindah ke Bandung untuk melanjutkan SMA dan kuliah di FSRD ITB," katanya ketika dihubungi detikcom.




Sebagian besar karya-karya Galang diterbitkan dalam format buku empat panel. Baru-baru ini, ia menyelesaikan komik 'Go!Garudaboi' di Comico.

Ketika ditawarkan oleh tim editor Bumilangit untuk menggarap versi revolusi, Galang langsung mengiyakannya.

"Awalnya saya dihubungi langsung oleh Pak Imansyah Lubis dan Pak Oyasujiwo selaku perwakilan Bumilangit. Mereka menjelaskan tentang proyek Bumilangit Revolusi," tutur Galang menjelaskan.

"Para jagoan di Bumilangit Revolusi ini merupakan penerus atau pewaris dari masing-masing jagoan senior, dengan konsep 'respect the past, embrace the future," lanjutnya lagi.

Dari situ, perjalanan Galang bersama jagoan lokal Bumilangit berlanjut. Respons dari pembaca setia Bumilangit pun beragam. "Banyak yang suka sama desain barunya, tapi ada juga yang protes," ujar Galang tertawa.

Simak Video "Dalam Sepekan, BTS Cuan Rp 1,13 Triliun dari Album 'BE'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)