detikHot

Spotlight

Aquanus Versi Revolusi Ambil 4 Elemen Termasuk Manga

Selasa, 10 Des 2019 13:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Karakter Aquanus klasik yang diciptakan oleh Wid NS tetap sesuai jalurnya. Pertama kali terbit pada 1968, lalu bagaimana karakter Aquanus revolusi yang dikembangkan oleh Galang Tirtakusuma dan tim Bumilangit?

Komikus asal Bandung itu menuturkan, ia membutuhkan waktu selama satu bulan untuk meriset seperti apa Aquanus versi revolusi yang kekinian tersebut. Dari segi gaya penggambaran, ia mengaku mengarahkan komik itu bergaya manga atau komik Jepang.

"Di semesta ini, karakter Aquanus terdahulu tetap ada dan yang kami diskusikan adalah penerusnya," tutur Galang ketika dihubungi detikcom.



Awal meriset, pria kelahiran 9 November 1987 itu membaca versi klasiknya. Sejak kecil, ia memang sudah dekat dengan komik-komik lokal karena gemar membacanya. Dari situ, ia tahu bagaimana karakter Aquanus klasik, latar belakang sampai elemen apa saja yang ingin diceritakan kembali.

Aquanus Versi Revolusi Ambil 4 Elemen Termasuk MangaFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Dari segi desain untuk komik Aquanus revolusi, Galang menggabungkan ke dalam empat elemen dasar. Yakni desain Aquanus klasik, elemen Henshin Heroes Jepang seperti Kamen Rider, motif dan elemen ikan pari, hiu, dan cumi-cumi. Serta yang terakhir topeng Jawa dan wayang golek Antareja.

"Saya bikin tokoh Aquanus di komik revolusi ini merupakan anak angkat Dhanus sang Aquanus yang pertama atau yang versi klasiknya," lanjutnya.

Dia pun menambahkan, "Dari sana saya memasukkan karakter anak Dhanus yang bernama Dhanus Jr sebagai remaja yang masih berapi-api dan sedikit pemberontak, untuk menjadi acuan dasar."

Komik 'Aquanus' versi revolusi sudah terbit di Fanpage resmi Bumilangit sejak 22 Juni 2017 dan kini sudah dibukukan menjadi dua volume. Komik pertama 'Aquanus: Sang Pewaris' rilis Februari dan 'Aquanus: Sang Pendekar' baru saja terbit awal bulan ini.

Simak artikel berikutnya ya.




Simak Video "Eksklusif! Mengenal Jagoan Tanah Air Lewat Jagat Bumilangit"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com