Spotlight

Merevolusi Jagoan Lokal Aquanus

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 10 Des 2019 12:30 WIB
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Aquanus si manusia laut yang punya kekuatan super jadi salah satu jagoan lokal andalan Bumilangit. Karakter yang diciptakan oleh komikus Widodo Noor Slamet atau akrab disapa Wid NS pertama dikenalkan pada publik lewat komik 'Aquanus di Planet Vibhy' pada 1968.

Saat itu jagoan lokal dan industri komik Tanah Air sedang jaya-jayanya. Komikus-komikus pun berlomba-lomba membuat karakter fiktif yang punya kekuataan. Aquanus adalah salah satu yang digemari selain Gundala, Sri Asih, dan Godam.

Sejak 22 Juni 2017, Aquanus hadir kembali di Fanpage Facebook resmi Bumilangit. Di halaman Facebook tersebut, Aquanus dikembangkan lebih modern dengan gaya kekinian yang digarap oleh komikus asal Bandung, Galang Tirtakusuma.



Dua tahun berselang dari Facebook, Aquanus diterbitkan dalam bentuk buku komik oleh penerbit Koloni. Februari lalu, volume pertama 'Sang Pewaris' dirilis dan buku keduanya pun terbit awal bulan ini dengan subjudul 'Sang Pendekar'.

Galang menuturkan Bumilangit berkomitmen merangkul pembaca dari berbagai kalangan sampai merevolusi setiap karakter yang ada di dalamnya, termasuk Aquanus.

Merevolusi Jagoan Lokal Aquanus Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Para jagoan di Bumilangit Revolusi ini merupakan penerus atau pewaris dari masing-masing jagoan senior. Konsepnya adalah 'respect the past, embrace the future'," kata Galang ketika dihubungi detikcom.

Dalam semesta Bumilangit, karakter Aquanus terdahulu tetap ada. "Yang kami diskusikan adalah penerusnya," kata Galang.



Sejak awal ditawari mengerjakan proyek Bumilangit Revolusi untuk komik 'Aquanus', lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) langsung mengiyakannya. Sejak kecil, ia sudah gemar membaca berbagai komik khususnya komik-komik klasik karya komikus lokal.

Kali ini spotlight culture detikHOT bakal membahas mengenai karakter revolusi Aquanus yang digarap oleh Galang. Simak artikel berikutnya ya.


Simak Video "'Gundala Destiny', Komik Indonesia yang Tembus ke Kancah Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)