detikHot

Spotlight

Bermula Iseng, Berbuah Jadi Karya Komik Onlen 'Bang Lambe'

Selasa, 03 Des 2019 13:11 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Pencipta dan komikus komik onlen 'Bang Lambe', Alan dan Din, menceritakan di balik penciptaan karya tersebut. Keduanya yang merupakan teman sekantor bermula dari iseng-iseng belaka.

"Itu iseng banget. Aku dan Din itu di kantor ngerasa mau ngapain nih. Iseng yuk bikin komik lucu-lucuan, niat awalnya," tutur Alan ketika menyambangi kantor detikcom, di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dari lucu-lucuan dan iseng itulah, keduanya membuat akun Instagram @komikonlen. Alan bertugas membuatkan cerita atau narasi bagi komiknya dan Din sebagai tukang gambar.

"Din ini anak desain, punya waktu luang selalu menggambar. Saya ada cerita di kepala, mau dibikinin video ribet. Trus, gimana kalau bikin akun di Instagram, akhirnya bikin komik onlen tentang karakter ojol," lanjutnya.

Karakter 'bang lambe' dibuat Alan dan Din sebagai pengemudi ojol yang cuek dan punya rambut gondrong. Bang Lame yang merupakan freelancer serabutan mencoba peruntungan di dunia ojol. Ia tinggal di kosan milik Ibu Kosmini dan punya tetangga bernama Oni.




Dalam komik, Lena tiba-tiba saja muncul sebagai pengemudi ojol perempuan. Alan mengisahkan komik onlen 'Bang Lambe' sebagai cerita kehidupan sehari-hari, nyata, dan dekat dengan kehidupan warga kota.

"Kalau bisa se-real mungkin, nggak yang mengada-ngada atau halu. Dari awal bikin 'Bang Lambe', jangan pernah nilai orang dari penampilannya. Dari luar 'Bang Lambe yang model penampilan segitu, ternyata punya hati yang baik, senang bantu orang lain," tukasnya.

Saat ini komik onlen 'Bang Lambe' di Instagram memiliki 98,1 ribu pengikut. Komiknya sudah rilis di webtoon Indonesia dan kini dibukukan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) yang sudah rilis pada 2 Desember 2019.

Simak artikel berikutnya ya.


Simak Video "Kenal Lebih Dekat dengan Komik 'Bang Lambe'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com