detikHot

Spotlight

Komik 'Bang Lambe' Kupas Seluk Beluk Kehidupan Ojol

Selasa, 03 Des 2019 12:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Menjamurnya komik yang diunggah di media sosial membuat pelaku kreatif maupun komikus semakin digandrungi. Tapi bagaimana kalau komik tersebut mengungkap seluk beluk kehidupan pengemudi ojek online atau ojol yang menjadi fenomena di transportasi kota-kota besar Indonesia.

Komik Onlen 'Bang Lambe' membongkar sisi humor dan komedi dari kehidupan ojol. Kali ini spotlight culture detikHOT mengupas inspirasi sampai terciptanya komik 'Bang Lambe' yang digarap oleh Alan dan Din.

Dibuat setahun yang lalu, Alan dan Din menceritakan ide pembuatannya ketika sedang ramainya fenomena ojol. "Ya sudahlah kita bikin saja karakter ojol yang lagi hype. Lingkunganku saat itu juga banyak banget pengemudi ojol," ujar Alan saat diwawancarai di kantor detikcom, kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.



Alan menceritakan dari penuturan teman-teman kantor yang berprofesi ganda sebagai pengemudi ojol, ia mulai mendapat cerita yang unik. Tak hanya unik saja, namun juga penuh humor.

Alan dan Din, komikus onlen 'Bang Lambe'Alan dan Din, komikus onlen 'Bang Lambe' Foto: Asep Syaifullah/detikHOT


"Banyak cerita yang bisa diangkat. Cerita lucu, konyol, yang intinya sih kehidupan ojol yang nggak flat gitu doang. Kadang ketemu hal-hal yang tidak terduga," lanjutnya.

Nama 'Bang Lambe' yang digunakan sebagai judul komik diambil dari karakter utama yang ada di dalam komik. Tapi sebenarnya penamaan Komik Onlen juga terinspirasi dari rangkaian nama tiga karakter dalam komik.

Ada Bang Lambe, Oni sebagai pengemudi taksi online atau taksol, dan Lena sebagai pengemudi ojol perempuan. Kalau digabungkan nama mereka menjadi Lambe Onlen.

Di dalam komik onlen 'Bang Lambe' cerita haru, bahagia, dan humor terangkum menjadi satu. Komiknya pun sudah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada 2 Desember 2019.

Simak artikel berikutnya ya!


Simak Video "Kenal Lebih Dekat dengan Komik 'Bang Lambe'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com