Spotlight

Sentilan Isu Politik Juga Kental di Ilustrasi Komik Faktap

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 26 Nov 2019 16:40 WIB
Foto: Komik Faktap/ Istimewa
Jakarta - Tak banyak ilustrator yang berkarya dan mengunggah di media sosial menyentil isu politik dan sosial yang terjadi di Indonesia. Komik Faktap adalah salah satunya.

Ilustrasi terbaru yang menyindir persoalan di Indonesia adalah lem aibon. Beberapa waktu lalu, lem aibon tiba-tiba saja menjadi Trending Topic gara-gara anggaran sementara yang diajukan Dinas Pendidikan DKI Jakarta senilai Rp 82,8 miliar.

Komik Faktap pun menyentil lewat dua ilustrasi yang diunggah ke akun Instagram. Iskandar Salim atau akrab dikenal Komik Faktap menuturkan mengenai tema-tema politik dalam karyanya yang diklaimnya masih tahap 'tidak terlalu berani'.



"Kalau dibilang berani banget nyindir nggak yah, dibandingkan dengan komik lain yang to the poiny. Tapi maksudnya ada yang lebih berani lagi," tutur Iskandar saat dihubungi detikcom.

Sentilan Isu Politik Juga Kental di Ilustrasi Komik FaktapIskandar Salim atau lebih dikenal dengan nama Komik Faktap Foto: Komik Faktap/ Dok.Pribadi


Kemudian apa alasannya Komik Faktap merespons isu-isu yang terjadi di sekitarnya tersebut?

"Saya mengangkat hal itu karena memang komik ini yang saya bikin merespons terhadap apa yang saya baca di media sosial. Kalau kemarin lagi panas soal Pilpres dengan sendirinya apa yang saya bikin, merefleksikan apa yang terjadi di sekitar kita," tutur Is.



Meski begitu, Is mengaku tak cuma persoalan isu politik dan sosial yang terjadi di Tanah Air. Terkadang pria yang gemar membaca buku dan menonton film itu juga mengambil sindiran yang sehari-hari.

"Misalnya tentang film dan hal-hal yang lebih ringan. Nggak khusus ke politik tapi yang lagi ramai saja," tukasnya.

Simak artikel berikutnya.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Manisnya Syahravi di Lagu 'YOU YOU YOU'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)