Spotlight

Di Balik Satir Komik Faktap

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 26 Nov 2019 08:03 WIB
Foto: Komik Faktap/ Istimewa
Jakarta -

Menjamurnya komik-komik digital di media sosial tak bisa lepas dari nama Komik Faktap. Karya-karya yang nyeleneh, komedi, dan satir itu menghiasi jagat dunia maya yang kerap menyentil berbagai isu yang tengah hangat di Indonesia.

Sosok di balik akun Instagram Komik Faktap adalah pria bernama Iskandar Salim. Lulusan Fakultas Seni Rupa Universitas Trisakti itu membuat Komik Faktap pada Juni 2015 yang bermula dari keisengan belaka.

Iskandar Salim atau akrab disapa Is mengatakan awal membuat Komik Faktap tidak merencanakan menjadi 'sesuatu'.


"Saya hanya iseng, saya memang senang menggambar, ada beberapa hal di media sosial yang menarik perhatian saya. Saya gambar dan taruh di media sosial trus viral," kata Is ketika dihubungi detikcom.

Hobi menggambar sudah dilakoni Is sejak kecil sampai membuatnya kuliah di jurusan seni rupa. Ilustrasi-ilustrasi yang dibuat Is, sebagian besar viral dan menjadi perbincangan media massa maupun masyarakat.

"Saya juga nggak tahu saya, mungkin karena banyak orang bisa relate dengan hal (isu) itu, semua orang tahu ilustrasi kaleng Khong Guan juga, saya plesetkan, kemudian ternyata di-tweet sama yang bikin ilustrasinya dan viral," tutur pria kelahiran Maret 1974 itu.



Tak disangka karya ilustrasi Is lainnya pun viral. Yang terbaru tentang lem aibon dan simbol tikus, rakyat versus DPR, momen kepergian BJ Habibie yang kembali bertemu kekasih hatinya sampai tokoh-tokoh politik Indonesia yang sedang nonton 'Avengers: Endgame' dalam satu studio bioskop.

Kali ini spotlight culture detikHOT bakal mengulas profil Iskandar Salim bersama keunikan karya lainnya lewat collectible toys. Simak artikel berikutnya ya!



Simak Video "Atta Halilintar-Aurel Hermansyah Batal Nikah"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)