detikHot

Spotlight

'Bangkitnya Ki Wilawuk' Jadi Proyek Komik Terakhir Sebelum Hasmi Meninggal

Selasa, 12 Nov 2019 17:49 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Tak banyak yang tahu sebelum komikus Yogyakarta Hasmi meninggal dunia, ada satu proyek yang digarapnya dan belum selesai. Proyek tersebut adalah komik 'Bangkitnya Ki Wilawuk' yang diterbitkan Bumilangit pada Oktober lalu.

Fajar Sungging, komikus 'Bangkitnya Ki Wilawuk' menuturkan komik yang merupakan warisan terakhir Hasmi digarap sejak tahun 2010. Waktuiya itu Hasmi sudah sibuk membuat skenario sinetron, teater sampai membuatnya jatuh sakit.

"Pas lagi gambar ini, eh ada kesibukan yang lain. Tertunda terus, halaman ini sudah sdlesai, gambar yang lain. Jadi kerjaannya lompat-lompat," kata Sungging ketika ditemui detikcom, belum lama ini.




Ketika Sungging memberikan usul untuk mengembangkan villain terhoror Ki Wilawuk, Hasmi mengiyakannya. "Saya adalah penggemar Ki Wilawuk, saya ngomong, om mbok ya Ki Wilawuk dikembangkan lagi, kan tokoh karakter paling jahat di antara yang lain," tutur Sungging.

"Ya terserah, tuliskan saja. Ya terserah, tuliskan saja. Yowis, saya tulis. Yang ini saya nggak cocok misalnya, kata Om Hasmi, oh yowis ganti lagi. Sampai 2 kali adegan yang direvisi. Setelah naskah selesai, saya bikin skenario panelnya sampe 100 lebih halaman," lanjut Sungging yang kini tinggal di Yogyakarta.

Sepeninggal Hasmi, 'Bangkitnya Ki Wilawuk' pun diteruskan Fajar Sungging dan Toto Winarno dan komiknya baru selesai tahun kemarin. Dalam 'Bangkitnya Ki Wilawuk', Gundala dan Ki Wilawuk bertemu lagi dengan satu keterikatan yang sebelumnya dalam komik 'Dr Jaka dan Ki Wilawuk' yang terbit 1975 tak ada.




Simak Video "Sebutan Baru untuk Fans Jagat Sinema Bumilangit"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com