detikHot

Spotlight

Gundala dan Ki Wilawuk Bertemu dalam 'Bangkitnya Ki Wilawuk'

Selasa, 12 Nov 2019 14:46 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Lupakan sejenak alur dalam film 'Gundala' garapan Joko Anwar. Mari berbicara komik 'Dr Jaka dan Ki Wilawuk' yang terbit pada 1975.

Karakter Gundala dan Ki Wilawuk pertama kali dipertemukan dalam komik tersebut namun keduanya sama sekali tidak terkait. Gundala atau Sancaka yang seorang peneliti di laboratorium hanya membaca salah satu artikel tentang mitosnya Ki Wilawuk dan peristiwa tubuh Ki Wilawuk terpisah dengan kepala merupakan tempat tinggal Gundala.

Di 'Bangkitnya Ki Kiwilawuk', Gundala dan Ki Wilawuk bertemu lagi dan mulai ada hubungan yang mengikat keduanya.


Gundala dan Ki Wilawuk Bertemu dalam 'Bangkitnya Ki Wilawuk'Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Cerita Ki Wilawuk dari komik aslinya Om Hasmi itu sebenarnya mereka nggak punya hubungan apa-apa. Tapi sekarang saya hubungkan antara Ki Wilawuk dengan Gundala," terang komikus Fajar Sungging saat mengobrol dengan detikcom.

Sungging kembali melanjutkan, "Di sini saya buat korelasi, supaya ada hubungan kenapa mereka berkonflik dan Gundala mencoba membunuhnya."

Ki Wilawuk merupakan tokoh antagonis yang punya ajian khusus tidak mudah mati. Anggota tubuhnya terpisah dan bisa menyatu kembali dengan beberapa persyaratan khusus.



Dikisahkan Ki Wilawuk hidup di masa Kerajaan Mataram atau saat masa Panembahan Senopati. Kala itu, ia bisa dikalahkan oleh Tumenggung Wiralaga.

Aji Pancasona-nya pun musnah setelah kulitnya terkena senjata Wiralaga bernama Logam Kelopak Naga sehingga dengan mudah dilumpuhkan. Agar Ki Wilawuk tidak bangkit lagi, kepala dan tubuhnya dipisahkan lalu dikubur dalam-dalam.





Simak Video "Eksklusif! Mengenal Jagoan Tanah Air Lewat Jagat Bumilangit"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com