detikHot

Spotlight

Seram! 'Ki Wilawuk' Karakter Mistis yang Kepala dan Tubuhnya Dipisah

Selasa, 12 Nov 2019 14:01 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Villain Ki Wilawuk yang kepala dan tubuhnya terpisah dan dikuburkan dalam-dalam, bisa bangkit lagi dengan ajian tertentu. Dalam komik strip 'Bangkitnya Ki Wilawuk', Ki Wilawuk bangkit lagi dengan kepala yang disatukan kembali dengan tubuh dan darah.

Ki Wilawuk pun menjadi karakter horor yang paling seram sekaligus ngeri dibandingkan villain lainnya yang pernah ada. Unsur mistik juga terasa sekali dalam pengembangan karakter tersebut.

"Ya memang horor banget, orang mati kok bisa hidup lagi. Padahal kepalanya dikubur di tempat lain dan tubuhnya di Mangiran," tutur komikus 'Bangkitnya Ki Wilawuk', Fajar Sungging, saat mengobrol dengan detikcom.



Unsur mistik yang melekat pada Ki Wilawuk, lanjut Sungging, dekat sekali dengan budaya lokal Tanah Air. "Masyarakat Indonesia kan familiar dengan cerita-cerita seperti itu. Orang yang sudah mati bisa hidup lagi karena sebuah perjanjian," tuturnya.

Seram! 'Ki Wilawuk' Karakter Mistis yang Kepala dan Tubuhnya DipisahFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Saat komik 'Dr Jaka dan Ki Wilawuk' terbit pada 1975, menurut penuturan Sungging, Hasmi menciptakan karakternya terinspirasi dari film 'Dr Jekull and Mr Hyde'.

"Om Hasmi kan pada dasarnya suka horor juga, itu yang paling horor dibandingkan yang lainnya. Dengan Ki Wilawuk yang dekat dengan khazanah orang Asia yang nggak bisa lepas dari mistik, semoga bisa memperkaya bacaan kita lagi," tutur putra Wid NS yang tinggal di Yogyakarta tersebut.

"Ki Wilawuk ini lokal sekali, memang dekat dengan sejarah lokal orang Indonesia," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya ya.




Simak Video "Eksklusif! Mengenal Jagoan Tanah Air Lewat Jagat Bumilangit"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com