detikHot

Spotlight

Di Balik Komik 'Virgo' untuk Generasi Milenial

Selasa, 29 Okt 2019 09:16 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Jan Mintaraga sukses memunculkan jagoan perempuan lokal bernama 'Virgo' dalam serial komik Kapten Halilintar pada 1973. Empat puluh empat tahun kemudian, 'Virgo' bertransformasi menjadi lebih milenial di tangan Bumilangit.

Bumilangit punya cara jitu untuk meremake karakter-karakter jagoan lokal yang berada di bawah naungannya. 'Sri Asih' dipegang Archie the RedCat yang terkenal lewat webtoon 'Eggnoid' dan 'Virgo' diperkenalkan kembali oleh Annisa Nisfihani.

Sejak 2017, komik 'Virgo' yang ceritanya ditulis Annisa dan digambar Ellie Goh terbit di webtoon Indonesia. Versi remake disukai lebih dari 1,5 juta pembaca generasi muda yang kini karyanya berjudul 'Virgo and the Sparklings'.

Komik cetaknya pun sudah diterbitkan Elex Media Komputindo sebanyak dua buku. Remake 'Virgo' berbeda ketimbang karakter klasik yang dihadirkan Jan Mintaraga puluhan tahun yang lalu.


Di Balik Komik 'Virgo' untuk Generasi MilenialFoto: Tia Agnes/ detikHOT


"Kalau 'Gundala' akan lebih banyak action. Jagoan 'Sri Asih' dan 'Virgo' akan banyak drama dan sisi manusiawinya," tutur General Manager Bumilangit Comics Media, Is Yuniarto, kepada detikcom, belum lama ini.

Komik jagoan perempuan mengolah cerita sehari-hari dari karakter tersebut ketimbang action dan sisi baku hantamnya.

"Permintaan dari Bumilangit, karakter Riani kuatnya seperti apa, dari perempuan yang malu-malu dan menyembunyikan kekuatannya, insequre, pelan-pelan tampil di tempat umum. Lalu menggunakan kekuatannya untuk jadi superhero," tutur Annisa kepada detikcom.

Menyambut kehadiran film 'Virgo' yang bakal diperankan Adhisty Zara, kali ini spotlight culture akan membahas jagoan perempuan Virgo' yang dibuat Annisa, Elli Goh, dan tim Bumilangit untuk generasi muda.

Simak artikel berikutnya ya.




Simak Video "Zara ''JKT48'' Bocorkan Proses Syuting ''Virgo and The Sparklings''"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com