detikHot

spotlight

Julian Abraham "Togar" Ajak Bugar dengan Genteng

Selasa, 10 Sep 2019 16:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Fira/ Ruci Art Space Foto: Fira/ Ruci Art Space
Jakarta - Seniman Julian Abraham mengajak pengunjung Super Baday Fitness Centre untuk lebih bugar dan fit. Lewat pameran tunggal 'Ulah Tanah', pria yang akrab disapa Togar memboyong genteng-genteng Jatiwangi, Purwakarta, untuk dijadikan karya seni.

Bak pusat kebugaran dan gym, Togar terinspirasi menciptakan karya bermula dari tinggal di kawasan Jatiwangi pada 2014 silam. Ketika mulai hidup bertetangga bersama istrinya Grace Samboh, Togar mulai belajar belajar.

"Kami sering main ke usaha rumahan genteng dan di Jatiwangi banyak menemukan fakta menarik. Di sini ada satu atau empat genteng dengan merek berbeda tapi digunakan dalam satu atap, modularitas karena cenderung mirip. Bayangkan ketika mereka bersaing secara produksi tapi ketika diletakkan fungsinya sama," kata Togar di RUCI Art Space.


Julian Abraham Foto: Fira/ Ruci Art Space


Genteng-genteng itulah yang dibawa Togar ke Ibu Kota. Bekerja sama dengan Super Baday Fitness Centre aka RUCI Art Space, Togar bersama para kurator membuat genteng-genteng dijadikan alat fitnes.

"Sejak tahun 2014 tinggald i Jatiwangi, project awalnya mau ke gym tapi bunyi dulu, tapi lagi-lagi kami masih berpola pikir turis. Bikin konsep, dieksekusi, gagal, langsung nyerah gitu," kenang Togar kala itu.

Dia pun melanjutkan, "Cara kami tinggal yang lebih lama, yang tadinya perspektif turis sekarang bertetangga dan belajar banyak. Dari genteng bisa belajar banyak."

Julian Abraham Foto: Fira/ Ruci Art Space


Setelah kerap melihat dan menjadi penonton Jatiwangi Cup yang merupakan kompetisi binaraga jebor, Togar konsisten membuat pameran seni 'Ulah Tanah'. Di eksibisinya, siapapun bebas memainkan alat fitnes dari genteng tersebut layaknya sedang berolahraga.

Tertarik melihat 'Ulah Tanah'? Pameran berlangsung hingga 15 September 2019.


Simak Video "Keren! Penyandang Autisme Jadi Seniman Abstrak "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com