detikHot

spotlight

Julian Abraham "Togar" Bawa Genteng Jatiwangi Jadi Pameran Seni

Selasa, 10 Sep 2019 14:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Fira/ Ruci Art Space Foto: Fira/ Ruci Art Space
Jakarta - RUCI Art Space tampak berbeda dari ruang pamer pada umumnya. Kalau biasanya, galeri seni yang berada di kawasan Kebayoran Baru itu menghadirkan lukisan maupun karya seni 3Dimensi lainnya, kali ini agak berbeda.

Galeri seni RUCI pun berubah menjadi pusat kebugaran dan sementara berganti nama Super Baday Fitness Centre. Namun bukan alat-alat pemberat seperti gym yang dipajang, namun justru genteng. Adalah Julian Abraham atau akrab disapa Togar yang menggagas konsep tersebut.

Dari tanah kembali ke tanah. Gagasan tersebut yang coba diusung Togar lewat pameran tunggalnya yang bernama 'Ulah Tanah'. "Saya banyak terinspirasi bagaimana harmoninasi antara manusia dan alamnya. Bagaimana manusia mengolah tanah, tanah akhirnya membentuk manusianya. Jadi ada umpan timbal balik," ungkap Togar di RUCI Art Space.


Julian Abraham Foto: Fira/ Ruci Art Space
Menurut Togar, satu atau dua buah genteng tidak akan ada fungsi. Namun ketika genteng ada banyak dan disatukan jadi berfungsi.

"Ada proses kolektif karena tidak bisa bekerja sendiri," lanjutnya.

Dalam pameran tunggal 'Ulah Tanah', Togar mengibaratkan 'Super Baday Fitness Centre' sebagai tanah yang membentuk manusia atau otot. Pengunjung bisa melihat 6 karya seni berupa foto dan karya seni instalasi. Ada para jebor Jatiwangi Cup yang hadir sebagai talent dan berpose dengan berbagai gaya.

Ada yang tengkurap, menumpuk badan satu sama lain, berdempetan hingga menyamping badan. Ada juga karya yang mengajak pengunjung untuk mencoba seperti alat pemberat pusat kebugaran. Bagaimana cerita selanjutnya? Simak artikel berikutnya ya.



Simak Video "Keren! Penyandang Autisme Jadi Seniman Abstrak "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com