detikHot

spotlight

Fakta di Balik Kepopuleran Angry Birds yang Diadaptasi ke Film

Kamis, 15 Agu 2019 14:58 WIB Ollivia Pratiwi - detikHot
Foto: Rovio Foto: Rovio
Jakarta - 'Angry Birds' merupakan warabala video game yang dibuat oleh perusahaan asal Finlandia; Rovio Entertaiment. Serial video game ini berfokus pada burung-burung yang berusaha menyelamatkan telur mereka dari segerombolan babi hijau.

Mekanik video game ini sangat sederhana dan dapat dimainkan oleh anak-anak juga orang dewasa. Kini warabala game tersebut melebar ke dunia film. Berikut fakta-fakta 'Angry Birds'.

1. 'Angry Birds' pertama kali dirilis di 2009

Rovio Entertaiment adalah pengembang game asal Finlandia yang memiliki hak penuh atas game Angry Birds. Game tersebut terinspirasi dari sketsa burung tanpa sayap.

Angry Birds resmi dirilis pada Desember 2009 di platform iOS Apple. Game ini menjadi sangat besar sehingga dapat digunakan di perangkat smartphone lain dan segera melebarkan sayap ke konsol video game rumahan dan PC. Sejauh ini Angry Birds sudah dibeli dan diunduh sebanyak 12 juta copy.

2. Serial kartun

Serial kartun 'Angry Birds' pun diproduksi. Serial ini menggali persaingan antara para burung dan babi. Satu musim serial ini berisi 52 episode yang dirilis pada Maret 2013 hingga saat ini oleh Nickelodeon.


3. Game Spin-Off

Para babi hijau akhirnya mendapatkan game spin-off mereka sendiri. Tujuan permainan ini adalah untuk mengendalikan babi sambil mencoba membangun alat untuk mencuri telur Angry Birds. Game tersebut bertajuk Bad Piggies dan dirilis pada September 2012.



4. Taman Bermain

Warabala game ini semakin besar ketika dua taman bermain di buka di Cina dan Finlandia. Taman bermain lainnya dibuka pada Mei 2014 di Malaysia.

5. Pendapatan Terbesar Rovie Entertaiment

Keuntungan tahunan terbesar Rovie Entertaiment dilaporkan berdasar dari warabala Angry Birds. Pendapatan warabala tersebut telah melampaui $70 juta. Pada tahun 2012, warabala tersebut berhasil meraup pendapatan sebesar $200 juta dan terus meningkat ketika Zynga membelinya dengan harga lebih dari $2 M.




Simak Video "Eksklusif! Ngobrol Film 'Angry Birds 2' Bersama John Cohen"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed