detikHot

spotlight

Untuk 'Gundala' Para Aktor Latihan Silat Berbulan-bulan

Kamis, 25 Jul 2019 16:27 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Berakting dalam film pahlawan super 'Gundala' membuat para pemainnya harus berlatih bela diri demi mendalami perannya.

Dalam film besutan Joko Anwar tersebut, ada dua koreografer yang bertanggung jawab terhadap adegan laga dalam film, yakni Cecep Arif Rahman dan Andrew Sulaiman.

"Jadi (koreografinya) kolaborasi dua style yang berbeda, jadi tidak hanya silat, tapi juga mixed martial arts," kata Hannah Al Rasyid yang berperan sebagai Cantika pada detikHOT.

Hannah Al Rasyid mengungkapkan, dalam filmnya, masing-masing karakter memiliki gaya bertarungnya tersendiri dalam adegan laga yag diperankannya.

Untuk 'Gundala', Para Aktor Latihan Silat Berbulan-bulanFoto: Asep Syaifullah/detikHOT



"Kalau di film superhero sebenarnya pasti ada karakter yang banyak, baik protagonis maupun antagonis, setiap karakter pasti mempunyai ciri khas sendiri dalam beradegan fighting, dengan weapon sendiri," jelasnya.

"Jadi fighting scene di sini cukup kompleks, karena selain bisa melibatkan begitu banyak orang, tapi dengan style yang berbeda juga. Jadi menunjukkan, film action Indonesia bisa se-variatif itu sebenarnya," sambungnya.

Masing-masing pemain yang memerankan adegan laga memiliki waktu sekitar tiga hingga empat bulan untuk berlatih bela diri sebelum syuting.

Misalnya Muzaki Ramdhan yang berlatih silat selama tiga bulan untuk berperan sebagai Sancaka kecil. Sedangkan Abimana Aryasatya sebagai pemeran Sancaka dewasa berlatih lebih lama, yakni dalam waktu empat bulan.


Ditemui di tempat yang berbeda, Cecep Arif Rahman sebagai koreografer mengatakan sebenarnya hal tersulit bukanlah mengajarkan koreografi pada para aktor 'Gundala'.

Tantangan yang sebenarnya justru terjadi di lokasi syuting. Sebab tak semua lokasi pengambilan gambar nyaman layaknya tempat mereka berlatih.

Kondisi tak terduga kerap terjadi, misalnya cuaca di lokasi syuting yang pengap dengan sedikit udara membuat tidak memungkinkan semua koreografi dipraktikkan.

"Kami berlatih di tempat sejuk, tidak panas, pas harus adaptasi ke sana (lokasi syuting) kadang harus ada penyesuaian, kadang penyesuaiannya ada di tempo, penyesuaiannya harus seperti apa. Nah itu memang tantangan buat kami harus menyesuaikan koreografi awal dan koreografi pas di set," jelasnya.

Bagi yang penasaran seperti apa aksi laga para pemain 'Gundala', film tersebut bakal tayang mulai 29 Agustus di bioskop Tanah Air.





Simak Video "Film Gundala Libatkan 1800 Orang dan Syuting di 70 Lokasi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com