detikHot

spotlight

Membandingkan Vulture dan Mysterio, Musuh Bebuyutan Spider-Man

Kamis, 04 Jul 2019 11:17 WIB Ollivia Pratiwi - detikHot
Foto: Spider-Man Far From Home (imdb.) Foto: Spider-Man Far From Home (imdb.)
Jakarta - Spider Man merupakan salah satu superhero Marvel yang memiliki banyak musuh bebuyutan. Mulai dari Vulture yang tampil dalam 'Homecoming', Venom yang populer dalam dunia film superhero dan Mysterio yang baru saja bergabung dengan MCU dalam 'Spider Man: Far From Home'.

Kemunculan Vulture dalam 'Homecoming' merupakan pukulan yang mengejutkan bagi penggemar. Tidak ada yang menyangka Vulture adalah Adrian Toomes; ayah Liz. Semuanya bertambah kacau ketika penyamaran Vulture terbongkar tepat saat akhirnya Peter berhasil mengajak Liz ke pesta dansa.

Untuk 'Far from Home' tentu saja Marvel tidak akan memakai formula yang sama. Tidak dengan orang tua MJ atau orang tua gadis mana pun. Ketika awal diumumkan banyak orang bingung dengan sosok Mysterio. Namun, penggemar komik sudah tahu Mysterio adalah villain dan mengerti ke arah mana plot 'Far From Home' akan dibawa.


Dalam 'Homecoming' pertarungan Peter melawan Vulture merupakan proses yang berat bagi seorang remaja yang belum menyadari sejauh mana potensi yang ia miliki. Dan setelah kembali dari pertempuran melawan Thanos, level Peter tentu akan naik. Meskipun ia masih sosok remaja yang dibebani dengan banyak pilihan dan kesulitan memikul tanggung jawab.

Mysterio dan Vulture, keduanya memiliki motivasi yang tumbuh dari dendam. Namun, sIfat mereka benar-benar berbeda. Karakter Vulture sangat kompleks. Ketika Tony mmbuatnya kehilangan pekerjaan, Vulture memilih jalur aman dan memutuskan menjual senjata secara ilegal. Dia memiliki lingkungan keluarga yang sehat dan tidak membiarkan dendam tersebut menguasainya. Dalam MCU, Vulture lebih manusiawi daripada Mysterio.

Membandingkan Vulture dan Mysterio, Musuh Bebuyutan Spider-ManFoto: imdb



Sedangkan Mysterio merupakan sosok yang licik, pintar, sangat terencana dan haus kekuasaan. Dia narsistik dan sangat licin. Mysterio tidak segan-segan untuk membunuh siapa pun yang menghalangi rencananya. Tipikal karakter yang akan melakukan segalanya untuk kepuasan pribadi. Yang paling buruk, tidak hanya jahat tapi dia juga sangat angkuh.

Video: Eksklusif! Cerita Tom Holland di Balik Film ''Spider-Man: Far From Home''

[Gambas:Video 20detik]



Dari segi kekuatan, keduanya sangat berbeda. Vulture mengandalkan teknologi yang ia dapatkan dan kembangkan dari Stark Industries. Adrian Toomes alias Vulture merupakan seorang pria lanjut usia dengan kondisi fisik yang kurang sempurna. Namun, Vulture meningkatkan teknologinya dan mampu bersaing dengan kekuatan Peter.

Kostumnya juga memungkinkan Vulture untuk terbang dengan kecepatan tinggi dan tidak bersuara. Kostum tersebut melindungi tubuhnya dan memberi sedikit kekuatan tambahan.

Vulture mungkin bukan musuh terkuat Peter, namun dalam komik Vulture digambarkan sebagai karakter yang sangat gigih. Ia kerap melakukan peningkatan pada kostum-kostumnya dan membuat Peter kewalahan.

Membandingkan Vulture dan Mysterio, Musuh Bebuyutan Spider-ManFoto: Spider-Man 2 (YouTube)



Sedangkan Mysterio alias Quentin Beck adalah seorang desainer visual efek. Dia memiliki keahlian dalam membuat ilusi dan efek khusus. Kostumnya dilengkapi dengan banyak peralatan canggih dan ia memiliki tim ahli yang membantunya.

Kekuatan Mysterio menjadi sangat mematikan ketika berhasil memasuki pikiran targetnya dan menghajarnya dengan mimpi terburuk target tersebut. Dengan cara itu, Mysterio dapat membawa siapa pun menuju kematian yang menakutkan. Mysterio juga ahli dalam berakting, dia mampu menyiapkan trik untuk orang paling sulit ditipu seperti Nick Fury.


Dalam post-credit 'Homecoming' dan 'Far From Home' keduanya mungkin masih memiliki urusan yang belum selesai dengan Peter. Meskipun Vulture masih menyembunyikan identitas Peter. Namun, dalam komik diceritakan keduanya merupakan anggota Sinister Six. Kelompok villain yang seluruh anggotanya musuh bebuyutan Spider Man. Mungkin Marvel mulai menyiapkan pertempuran hebat lainnya setelah Thanos. Tapi, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi hingga setidaknya lima atau sepuluh tahun kemudian.






Simak Video "'Spider-Man: Far from Home', <i>Coming of Age</i> ala Marvel"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com