DetikHot

spotlight

Jadi Animator Tak Hanya Harus Punya Ide, Namun Juga Kaya Visi

Kamis, 09 Mei 2019 15:21 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Jadi Animator Tak Hanya Harus Punya Ide, Namun Juga Kaya Visi Foto: (dok.pribadi)
Jakarta -

Punya kemampuan gambar tidaklah cukup untuk menjadi seorang animator. Animator Indonesia di 'Avengers: Endgame', Denny Ertanto menjabarkan bagaimana menjadi seorang animator yang baik dari pengalamannya selama ini.

Menurutnya seni digital meliputi banyak hal di luar keahlian yang dapat dipelajari secara akademis.

"Menurut saya, untuk jadi artist yang baik itu kita harus bisa meng-explore apa yang ada di luar lingkaran kita, karena seni digital itu nggak selalu berdasarkan hal teknis saja, tapi kita juga harus punya mata kreatif yang bagus," ungkap Denny Ertanto kepada detikHOT, Kamis (9/5).


"Contohnya, kalau sinar matahari di lihat secara langsung, nggak mungkin kelihatan dong, jadi kita juga melakukan hal yang sama saat kita saat kita membuat karya," imbuhnya.

Di sisi lain, kekayaan kreatifitas tak harus selalu diperoleh dari ide-ide yang keluar dari kepala. Denny menyebut seorang animator harus memiliki kepekaan pada keadaan di sekitar untuk suatu ketika diaplikasikan pada karya.


"Selalu ingat, kalau referensi kita dalam pembuatan seni itu banyak berdasarkan realita dan sekitar kita. Pendek nya, just Trust your eyes, its not always the brain," ungkap Denny yang saat ini tengah terlibat dalam proyek sebuah film garapan Ang Lee ini.


(doc/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed